PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TEHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DALAM MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA

Authors

  • Sefti dwi sintaa Universitas PGRI Palembang
  • liza murniviyanti Universitas PGRI Palembang
  • henni riyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29066

Keywords:

Media Pop Up Book, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi faktor motivasi belajarsiswa masih rendah dan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop Up Book tehadap motivasi belajar siswa kelas V SD materi bumi dan alam semesta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasyexperimental design dengan bentuk desainnonequaivalent control grup design. Populasipenelitian yaitu seluruh siswa kelas V sd dan Sampel penelitian diambil dengan Teknik random sampling dan diperoleh kelas VA sebagai kelas Kontrol denganjumlah siswa 35 orang dan VC sebagi kelas Exprimendengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitianini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan dengan menggunakan program SPSS. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan t test yang menunjukkan nilai sig adalah 0,003 < 0,05 makaHo di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Pop Up Book terhadap Motivasi Belajar siswa kelas V SD Negeri 156 Palembang. Dengan menggunakan media Pop Up Book rata-rata Motivasi belajar siswa lebihbaik dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asyhari,A.,& Silvia, H.,(2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA tepadu . Junal Ilmiah Pendididkan Fisika AL-Biruni , 5(1).

Khoiotun, A.,& Riqqoh, D. (2014). Perancangan buku pop up museu sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah . Jurnal Desain Komunikasi Visual , 132-141.

Maulidya, D., Riyanti, H., & Lubis, P. H. (2024). Pengembangan Modul Digital Berbasis Flipbook Pada Pembelajaran IPA Materi Bumi dan Alam Semesta Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Perseda, 137-146.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 444.

Putri, D.P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Dasar , 39.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar , 43-46.

Sunadi. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX IPS di SMA Muhamadiyah II Surabya. Junal Pendidikan Ekonomi , 4.

Snaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovativ. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Sylvia, & Hariani. (2015). Pengaruh penggunaan meida pop up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar . JPGSD , 1.

Syofyan, H.& Halim, A,. (2016). Penerapan metode problem solving pada pembelajaran ipa untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siwa ( penelitian tindakan siswsa kelas v di sdn 3 kreo tanggerang ). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papersunisbank(sendi_U) , 876-966.

Tegeh, I,M, Pratiwi, A.,& Simamora. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar ipa siswa kelas V SD. Junal IKA , 152.

Uno, (2011). Model Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksa

Wardani, & Syofyan. (2018). Pengembangan video interaktif pada pembelajaran IPA Tematik intergratif materi peredaran darah manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah , 371-381.

Yuliharty. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Melalui model ppembelajaran Jigsaw kelas IX smp Negeri 3 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan , 644.

Yunika, P., Imansyah, F., & Riyanti, H. (2022). Pengaruh Media Pop-Up BookTerhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IIISDNegeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 758-765.

Downloads

Published

2025-08-05