KOLABORATIF WALI KELAS DAN GURU PJOK DALAM MENGATASI ANTI BULLYING PADA SISWA KELAS III DI SDN 198 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29061Keywords:
Kata Kunci: Kolaborasi, Wali Kelas, Guru PJOK, Bullying, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kolaborasi antara wali kelas dan guru PJOK dalam menangani perilaku bullying serta menilai efektivitasnya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman di kelas III SD Negeri 198 Palembang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi terwujud dalam koordinasi rutin, pelaporan silang, serta kegiatan edukatif bersama yang menanamkan nilai-nilai sosial positif. Wali kelas berperan dalam memberikan bimbingan moral dan emosional, sedangkan guru PJOK menanamkan sportivitas dan kerja sama melalui kegiatan jasmani. Siswa menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap bullying, merasa lebih aman, dan mampu melaporkan tindakan perundungan. Kolaborasi ini terbukti efektif dalam menurunkan frekuensi bullying, khususnya dalam bentuk verbal dan sosial, serta memperkuat karakter dan hubungan sosial siswa. Dengan demikian, pendekatan kolaboratif antara wali kelas dan guru PJOK dapat menjadi strategi yang efektif dalam penanggulangan bullying di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 150–173.
Amalia, N. P. A., & Haryati, T. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1819–1824.
Amelia, F., Ruja, I. N., & Susilo, S. (2021). Makna Rendahnya Motivasi Siswa Belajar Geografi Dalam Pendekatan Fenomenologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1244–1252.
Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.
Anjelita, K., & Utama, C. (2024). Darurat Bullying: Perilaku Dan Solusi Untuk Menangani Tindak Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 31–41.
Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117.
Borgen, N. T., Olweus, D., Kirkebøen, L. J., Breivik, K., Solberg, M. E., Frønes, I., Cross, D., & Raaum, O. (2021). Potensi Upaya Anti-Bullying untuk Mencegah Kegagalan Akademik dan Kejahatan Remaja. Sebuah Kasus Menggunakan Program Pencegahan Bullying Olweus (OBPP). Ilmu Pencegahan , 22(8), 1147–1158
Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68.
Dwi Yani P, Achmad Sultoni, & Oktaviani Adhi Suciptaningsih. (2023). Strategi Guru dalam Menanggulangi Perundungan pada Anak Kelas V. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 01–09.
Erina, A., Aulia, N. N., & Ipah, S. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30.
Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205.
Foliadi, J., & Jesica, J. (2023). Tinjauan Terhadap Aspek Hukum, Faktor Penyebab, Dan Dampak Bullying Di Indonesia. Satya Dharma: Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 204–219.
Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63.
Intervensi, J., & Jisp, P. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58.
Istima, F., & Rahma, A. (2022). Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling Konseling Interpersonal dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Korban Bullying Mohamad Aziz Addinullah, Ulin Nihayah Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 68–84.
Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232–240.
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134.
Khairuni, N., Rahmawati, A., & Rahmawati, K. (2023). Peran Program Magang Kependidikan III terhadap Penguasaan Technological Pedagogical Vocational Knowledge pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 62–71.
Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251.
Rahmawati, W., & Sodik, M. A. (2021). Pengalaman Terjadinya Bullying yang Berdampak Pada Kesehatan Mental. Strada Indonesia, 73.
Rizal, A., & Burhan. (2024). Implementasi Pendidikan Humanisme Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4602–4607.
Rofiqah, R., Zahroh, S., & Nabila, N. R. (2023). Peran Kanselor Sekolah Dalam Meminimalisasi Perilaku Bullying Di SMP (Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa). Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 10604–10618.
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504
Subardhini, M., Riyadi, S., & Sakroni, S. (2024). Implementation of Behavior Modification Techniques for Children with Low Social Skills (A Case Study at the Social Protection Service Unit for Children in Garut, West Java). Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 932–943
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58.
Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.
Wahidiyani, O. C., Rulyansyah, A., & Akhwani, A. (2024). Peran Guru dalam Pendampingan Peserta Didik untuk Mewujudkan Sekolah Bebas Bullying di SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1044–1053.a
Yulianti, Putri, S. N., Nuramita, & Nurul H. (2023). Literature Review Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Mahasiswa BK An-Nur, 9(03), 475–489
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.