PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM SAPU TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN DAN EMPATI SISWA TERHADAP KASUS BULLYING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29046Keywords:
Pencegahan Bullying, Teori Pembelajaran SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh platform SAPU terhadap kesadaran dan empati siswa terhadap kasus bullying. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kejadian bullying di sekolah dan urgensi penggunaan media edukasi berbasis digital untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif dengan kuesioner skala likert, dengan melibatkan 25 siswa SMP sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas, korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif namun lemah (r = 0,228) antara penggunaan platform SAPU dengan peningkatan kesadaran dan empati siswa, dengan nilai signifikansi p = 0,274 dan R² = 0,052. Temuan ini menunjukkan bahwa SAPU tidak memiliki dampak yang signifikan secara statistik terhadap kesadaran dan empati siswa terhadap kasus bullying. Meskipun tidak signifikan, kecenderungan positif tersebut menunjukkan bahwa platform SAPU berpotensi mendukung pembelajaran sosial emosional jika diintegrasikan dengan strategi pedagogis seperti fasilitasi guru, kolaborasi sebaya, dan penguatan berbasis sekolah.Downloads
References
Bean, S. A. (2019). Bullying and Resilience in Elementary School Children and Mitigating Prosocial Behaviors. https://search.proquest.com/openview/6eb85890ed147bcbfbaba402070bc9fd/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y
Diac, G., & Grădinariu, T. (2023). Successful Bullying Prevention: a Curriculum Based on Cooperative Learning – Theoretical Analysis. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 15(1), 657–670. https://doi.org/10.18662/rrem/15.1/716
Edy, A. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa SDN 1 Jatimulyo Lampung Selatan. http://repository.radenintan.ac.id/21709/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/21709/1/SKRIPSI 1-2.pdf
Guy, A., Lee, K., & Wolke, D. (2019). Comparisons Between Adolescent Bullies, Victims, and Bully-Victims on Perceived Popularity, Social Impact, and Social Preference. Frontiers in Psychiatry, 10(November), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00868
Halliday, S., Gregory, T., Taylor, A., Digenis, C., & Turnbull, D. (2021). The impact of bullying victimization in early adolescence on subsequent psychosocial and academic outcomes across the adolescent period: A systematic review. In Journal of School Violence (Vol. 20, Issue 3, pp. 351–373). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/15388220.2021.1913598
Joseph, S. (2021). Social Learning Theory Application on Bullying Phenomenon. Journal of International Business Research and Marketing, 6(6), 7–12. https://doi.org/10.18775/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.66.3001
Nisak, H. (2021). Efektivitas Literasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 1 Palembang. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PPs UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 2021, 143–153.
Pengaruh model. (2025). 10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.