PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM SAPU TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN DAN EMPATI SISWA TERHADAP KASUS BULLYING

Authors

  • Namira Kamelia Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Alya Nurfitriana UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Elsa Dhea Varella UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Rayyan Muhammad Universitas Lambung Mangkurat
  • Nathasa Noor Fauzana UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Raisya Amelia Apriliyani
  • Siti Nadia Rahmah UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Muhammad Andri Setiawan Universitas Lambung Mangkurat
  • Nina Permata Sari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29046

Keywords:

Pencegahan Bullying, Teori Pembelajaran Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh platform SAPU terhadap kesadaran dan empati siswa terhadap kasus bullying. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kejadian bullying di sekolah dan urgensi penggunaan media edukasi berbasis digital untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif dengan kuesioner skala likert, dengan melibatkan 25 siswa SMP sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas, korelasi Pearson, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif namun lemah (r = 0,228) antara penggunaan platform SAPU dengan peningkatan kesadaran dan empati siswa, dengan nilai signifikansi p = 0,274 dan R² = 0,052. Temuan ini menunjukkan bahwa SAPU tidak memiliki dampak yang signifikan secara statistik terhadap kesadaran dan empati siswa terhadap kasus bullying. Meskipun tidak signifikan, kecenderungan positif tersebut menunjukkan bahwa platform SAPU berpotensi mendukung pembelajaran sosial emosional jika diintegrasikan dengan strategi pedagogis seperti fasilitasi guru, kolaborasi sebaya, dan penguatan berbasis sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bean, S. A. (2019). Bullying and Resilience in Elementary School Children and Mitigating Prosocial Behaviors. https://search.proquest.com/openview/6eb85890ed147bcbfbaba402070bc9fd/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y

Diac, G., & Grădinariu, T. (2023). Successful Bullying Prevention: a Curriculum Based on Cooperative Learning – Theoretical Analysis. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 15(1), 657–670. https://doi.org/10.18662/rrem/15.1/716

Edy, A. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa SDN 1 Jatimulyo Lampung Selatan. http://repository.radenintan.ac.id/21709/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/21709/1/SKRIPSI 1-2.pdf

Guy, A., Lee, K., & Wolke, D. (2019). Comparisons Between Adolescent Bullies, Victims, and Bully-Victims on Perceived Popularity, Social Impact, and Social Preference. Frontiers in Psychiatry, 10(November), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00868

Halliday, S., Gregory, T., Taylor, A., Digenis, C., & Turnbull, D. (2021). The impact of bullying victimization in early adolescence on subsequent psychosocial and academic outcomes across the adolescent period: A systematic review. In Journal of School Violence (Vol. 20, Issue 3, pp. 351–373). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/15388220.2021.1913598

Joseph, S. (2021). Social Learning Theory Application on Bullying Phenomenon. Journal of International Business Research and Marketing, 6(6), 7–12. https://doi.org/10.18775/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.66.3001

Nisak, H. (2021). Efektivitas Literasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 1 Palembang. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PPs UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 2021, 143–153.

Pengaruh model. (2025). 10.

Downloads

Published

2025-08-06