PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI MIS FAJAR SHIDDIQ T.A 2024/2025

Authors

  • Aning Diah Pratiwi STKIP Pangeran Antasari
  • Farida Alfitri STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Amir Danis STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Saut Mardame Simamora STKIP PANGERAN ANTASARI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29023

Keywords:

Pengaruh, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture and Picture

Abstract

Penelitian di MIS Fajar Shiddiq bertujuan untuk mengukur dampak metode pengajaran Picture and Picture terhadap pemahaman dan penerapan hak dan tanggung jawab hukum oleh siswa kelas tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimental. Ada kelas eksperimen yang menggunakan metode Picture and Picture, dan ada kelompok kontrol yang menggunakan metode yang lebih konvensional untuk mempelajari informasi yang sama. Hasil pembelajaran dievaluasi menggunakan data yang dikumpulkan dari tes awal dan tes akhir. Analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok, dengan siswa model Picture and Picture secara signifikan mengungguli kelompok kontrol dalam semua tugas pembelajaran. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konten Hak dan Tanggung Jawab merupakan bukti bahwa pendekatan tersebut efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1073. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.511

Husniatun, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1. a Sdn 03/Ix Senaung. Jurnal Literasiologi, 3(2), 69–81. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.95

Syahrani, A. P., Risnawati, & Rizqa, M. (2025). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Al-Ihsan Boarding School Riau Amellia Putri Syahrani Risnawati Miftahir Rizqa Pendahuluan Menurut teori pembelajaran humanistik , pembelajaran harus dimulai dan. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 04, 82–96.

Venza Taufan Utama, R., & Linggo Wati, T. (2024). Analisis Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu-Lagu Nasional Pada Siswa Dengan. Jurnal Persada, VII(1), 97–107.

Zakiyah, S. (2017). Metodologi Penelitian Quasi Eksperimen. Pendidikan Dan Penelitian Quasi, 1(1), 25–36.

Downloads

Published

2025-08-02