PERSEPSI GURU TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SD NEGERI 30 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28994Keywords:
Teacher perception, Learning strategies, Children with specialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru terhadap strategi pembelajaran yang efektif untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) Sd Negeri 30 Palembang. Fenomena inklusi ABK dalam lingkungan sekolah reguler menuntut pemahaman mendalam tentang pendekatan pembelajaran yang sesuai, namun masih terdapat kesenjangan dalam implementasi strategi yang adaptif. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan guru guru yang secara langsung mengajar ABK di SD Negeri 30 Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan di kelas untuk mengamati interaksi guru dan ABK serta penerapan strategi pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru untuk menggali persepsi, pengalaman, dan tantangan yang dihadapi, serta dokumentasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan catatan perkembangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi beragam mengenai efektivitas strategi pembelajaran. Strategi seperti modifikasi kurikulum, pembelajaran individual (Individualized Education Program/IEP), pemanfaatan media visual, pendekatan multisensori, dan kolaborasi dengan orang tua/spesialis dianggap krusial. Namun, efektivitas strategi ini sangat bergantung pada jenis kebutuhan khusus siswa, ketersediaan sumber daya, dan pelatihan guru yang memadai. Guru juga menyoroti pentingnya kesabaran, fleksibilitas, dan pemahaman empati terhadap karakteristik unik setiap ABK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun guru telah menunjukkan upaya adaptif, masih diperlukan dukungan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang mendukung, dan pengembangan kurikulum yang lebih responsif untuk memastikan pembelajaran yang inklusif dan efektif bagi ABK di SD Negeri 30 Palembang.Downloads
References
Pereverzeva, D., Sorokin, A.,
Tyushkevich, S., Mamokhina, U.,
Danilina, K., & Dragoy, O. (2021).
Expressive and Receptive Language
in Russian Primary-School-Aged
Children with Autism Spectrum
Disorder. Research in Developmental
Disabilities, 117(June), 104042.
https://doi.org/10.1016/j.ridd.2021.104
042
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., &
Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar
Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq,
2(1), 26–42.
https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.
Fauziah, M. (2023). Pendidikan dan
psikologi perkembangan:
implementasi prinsip-prinsip psikologi
dalam pembelajaran.
Limbong, D. Q., Maharani, S., & Usiono, U.
(2024). Komunikasi pendidikan anak
berkebutuhan khusus. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 8(1), 2902-
2907.
Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi pembelajaran
anak berkebutuhan khusus (abk) di
kelas inklusif di sd plus darul ulum
jombang.
Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018).
83
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Pada Anak Berkebutuhan
Farisia, H. (2017). Strategi optimalisasi
Khusus. Journal An-Nafs: Kajian
kemampuan belajar anak
Penelitian Psikologi, 3(1), 76-90.
berkebutuhan khusus (abk) melalui
program pembelajaran individual
Mapolisa, T., & Tshabalala, T. (2013). An
(PPI). SELING: Jurnal Program Studi
evaluation of the impact of
PGRA, 3(2), 1-17.
inadequate teaching and learning
resources in public institutions of
Firmansyah, M. D. Strategi Komunikasi
Higher Learning in
Persuasif Terapis Kepada
Zimbabwe. International Journal of
Penyandang Tuna Wicara Dalam
Advanced Research, 1(10), 739-745.
Meningkatkan Kemampuan
Berinteraksi Sosial Pada Klinik Bina
Masnunah, M., Wandiyo, W., & Aradea, R.
Wicara Jakarta Pusat (Bachelor's
thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan
(2022). Perception of Students of
Indonesian Language Study Program
Ilmu Komunikasi Universitas Islam
on Learning at E-Learning Sisfo
Universitas PGRI
Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Palembang. JMKSP (Jurnal
Manajemen, Kepemimpinan, Dan
Fitri, R., Syofyati, N., & Alberida, H. (2021).
Supervisi Pendidikan), 7(1), 154-162.
Undertanding's Analysis the Concept
of Classification of Living Organism
Melinea, F. A. Strategi Pembelajaran Anak
for Student's Class VII at SMPN 8
Berkebutuhan Khusus di Sekolah
Padang. Bioeducation Journal, 5(2),
Dasar Inklusi (Studi Kasus SD Pelita
68-77.
Bangsa) (Bachelor's thesis, Jakarta:
FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Harry, K. D., Adha, H., Lestari, T. D., Sabila, I.
H., & Widya, W. (2023). Strategi
Pembelajaran Efektif Di SD. Jurnal
Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22),
Mu'awwanah, Uyu dkk. Strategi Pembelajaran
Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
(Banten: Media Madani: 2021).
554-559.
Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018).
Hasan, M., Ridha, Z., Ambarsari, I. F.,
Anggeraini, D., Hasanah, N.,
Hermawan, S., Pandiangan, E. L.,
Harahap, T. K., Syahfitri, D., &
Karakteristik dan kebutuhan anak
berkebutuhan khusus. Jurnal
Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.
https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.