PERSEPSI GURU TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SD NEGERI 30 PALEMBANG

Authors

  • Nurul Ahtdira Universitas PGRI Palembang
  • Masnunah, Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28994

Keywords:

Teacher perception, Learning strategies, Children with special

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru terhadap strategi pembelajaran yang efektif untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) Sd Negeri 30 Palembang. Fenomena inklusi ABK dalam lingkungan sekolah reguler menuntut pemahaman mendalam tentang pendekatan pembelajaran yang sesuai, namun masih terdapat kesenjangan dalam implementasi strategi yang adaptif. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan guru guru yang secara langsung mengajar ABK di SD Negeri 30 Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan di kelas untuk mengamati interaksi guru dan ABK serta penerapan strategi pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru untuk menggali persepsi, pengalaman, dan tantangan yang dihadapi, serta dokumentasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan catatan perkembangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi beragam mengenai efektivitas strategi pembelajaran. Strategi seperti modifikasi kurikulum, pembelajaran individual (Individualized Education Program/IEP), pemanfaatan media visual, pendekatan multisensori, dan kolaborasi dengan orang tua/spesialis dianggap krusial. Namun, efektivitas strategi ini sangat bergantung pada jenis kebutuhan khusus siswa, ketersediaan sumber daya, dan pelatihan guru yang memadai. Guru juga menyoroti pentingnya kesabaran, fleksibilitas, dan pemahaman empati terhadap karakteristik unik setiap ABK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun guru telah menunjukkan upaya adaptif, masih diperlukan dukungan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan berkelanjutan, penyediaan fasilitas yang mendukung, dan pengembangan kurikulum yang lebih responsif untuk memastikan pembelajaran yang inklusif dan efektif bagi ABK di SD Negeri 30 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Ahtdira, Universitas PGRI Palembang

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang

References

Pereverzeva, D., Sorokin, A.,

Tyushkevich, S., Mamokhina, U.,

Danilina, K., & Dragoy, O. (2021).

Expressive and Receptive Language

in Russian Primary-School-Aged

Children with Autism Spectrum

Disorder. Research in Developmental

Disabilities, 117(June), 104042.

https://doi.org/10.1016/j.ridd.2021.104

042

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., &

Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar

Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq,

2(1), 26–42.

https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.

Fauziah, M. (2023). Pendidikan dan

psikologi perkembangan:

implementasi prinsip-prinsip psikologi

dalam pembelajaran.

Limbong, D. Q., Maharani, S., & Usiono, U.

(2024). Komunikasi pendidikan anak

berkebutuhan khusus. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 8(1), 2902-

2907.

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi pembelajaran

anak berkebutuhan khusus (abk) di

kelas inklusif di sd plus darul ulum

jombang.

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018).

83

Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam Pada Anak Berkebutuhan

Farisia, H. (2017). Strategi optimalisasi

Khusus. Journal An-Nafs: Kajian

kemampuan belajar anak

Penelitian Psikologi, 3(1), 76-90.

berkebutuhan khusus (abk) melalui

program pembelajaran individual

Mapolisa, T., & Tshabalala, T. (2013). An

(PPI). SELING: Jurnal Program Studi

evaluation of the impact of

PGRA, 3(2), 1-17.

inadequate teaching and learning

resources in public institutions of

Firmansyah, M. D. Strategi Komunikasi

Higher Learning in

Persuasif Terapis Kepada

Zimbabwe. International Journal of

Penyandang Tuna Wicara Dalam

Advanced Research, 1(10), 739-745.

Meningkatkan Kemampuan

Berinteraksi Sosial Pada Klinik Bina

Masnunah, M., Wandiyo, W., & Aradea, R.

Wicara Jakarta Pusat (Bachelor's

thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan

(2022). Perception of Students of

Indonesian Language Study Program

Ilmu Komunikasi Universitas Islam

on Learning at E-Learning Sisfo

Universitas PGRI

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Palembang. JMKSP (Jurnal

Manajemen, Kepemimpinan, Dan

Fitri, R., Syofyati, N., & Alberida, H. (2021).

Supervisi Pendidikan), 7(1), 154-162.

Undertanding's Analysis the Concept

of Classification of Living Organism

Melinea, F. A. Strategi Pembelajaran Anak

for Student's Class VII at SMPN 8

Berkebutuhan Khusus di Sekolah

Padang. Bioeducation Journal, 5(2),

Dasar Inklusi (Studi Kasus SD Pelita

68-77.

Bangsa) (Bachelor's thesis, Jakarta:

FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Harry, K. D., Adha, H., Lestari, T. D., Sabila, I.

H., & Widya, W. (2023). Strategi

Pembelajaran Efektif Di SD. Jurnal

Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22),

Mu'awwanah, Uyu dkk. Strategi Pembelajaran

Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

(Banten: Media Madani: 2021).

554-559.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018).

Hasan, M., Ridha, Z., Ambarsari, I. F.,

Anggeraini, D., Hasanah, N.,

Hermawan, S., Pandiangan, E. L.,

Harahap, T. K., Syahfitri, D., &

Karakteristik dan kebutuhan anak

berkebutuhan khusus. Jurnal

Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.

Downloads

Published

2025-07-31