PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF 3 DIMENSI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL EVALUASI KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28986Keywords:
3D Virtual Reality, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran 3D virtual reality berbasis android untuk pembelajaran seni tari pada siswa kelas V Di SDN 4 Ketringan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni tari yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan keterbatasan penggunaan media interaktif. Metode yang digunakan adalah research and development (r&d) dengan model pengembangan addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian mencakup analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, serta uji efektivitas melalui pre-test dan post-test. Media dikembangkan menggunakan platform artsteps.com yang memungkinkan pembuatan pameran virtual dalam bentuk 3D virtual reality, dan dapat diakses melalui smartphone. Materi pembelajaran difokuskan pada unsur pendukung tari. Hasil uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan nilai validasi masing-masing sebesar 88,75% dan 89,7%, dengan kategori “sangat layak.” Uji efektivitas dilakukan pada kelompok kecil dan besar. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan (p< 0,05), dan analisis n-gain menunjukkan peningkatan sedang (0,4911) pada kelompok kecil dan besar (0,7882) pada kelompok besar. Hasil ini menunjukkan bahwa media 3d virtual reality berbasis android efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini mengindikasikan bahwa multimedia imersif memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang inovatif dan interaktif di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam bidang seni.Downloads
References
Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A.
H. (2024). Vol 12 Special Issue
No 1 2024 JDPP Potensi
Pemanfaatan Virtual Reality
Sebagai Media Pembelajaran Di
Era Digital. Jurnal Dimensi
Pendidikan Dan Pembelajaran,
12.
http://journal.umpo.ac.id/index.ph
p/dimensi/index
Febriana, D., Asih, I. V. Y., & Aan, S.
P. (2023). PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
VIRTUAL REALITY BERBANTU
MILLEA LAB PADA MATA
PELAJARAN MATEMATIKA DI
SEKOLAH DASAR. In Jurnal
Pendidikan Dasar (Vol. 11, Issue
2).
Ismiati, A., & Lestari, W. (2022).
ANALISIS KEBUTUHAN
PENERAPAN MEDIA
PEMBELAJARAN APLIKASI
MAGIC CARD AUGMENTED
REALITY PADA GERAK DASAR
TARI SUNDA.
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y.
(2022). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Video
Tutorial Pada Mata Kuliah
Pemrograman Visual dengan
Metode ADDIE. JAVIT : Jurnal
Vokasi Informatika, 121–130.
https://doi.org/10.24036/javit.v2i1
.81
Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN E-MODUL
INTERAKTIF PADA
MATAKULIAH PEMROGRAMAN
VISUAL DENGAN METODE
PENGEMBANGAN ADDIE.
JAVIT : Jurnal Vokasi
Informatika.
https://doi.org/10.24036/javit.v1i3
.67
Mukti, R. W. T., & Fathurrahman, M.
(2023). PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
ARTSTEPS UNTUK
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SENI MUSIK. In
Jurnal Pendidikan Teknologi
Informasi (JUKANTI) (Issue 6).
Rahma, N. R., Umar, & Kusnadi, U.
(2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Flipbook Materi
Seni Tari Kreasi Pada Mata
Pelajaran SBDP Di Sekolah
Dasar. Jurnal Bintang
Pendidikan Indonesia, 1(4), 215–
232.
https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i
4.2064
Rahmawati, S., Paradia, P. A., &
Noor, F. M. (2021). META
ANALISIS MEDIA
PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS
BERBASIS VIRTUAL REALITY.
In OPTIKA: Jurnal Pendidikan
Fisika (Vol. 5, Issue 1).
Sabirin, F., Mustofa, & Sulistiyarini, D.
(2022). Pengembangan media
pembelajaran 3D untuk mata
kuliah geologi dasar. Jurnal
Pendidikan Informatika Dan
Sains, 11(1), 57–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.