PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF 3 DIMENSI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL EVALUASI KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abu Fitroh Firmansyah Universitas Negeri Semarang
  • Atip Nurharini Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28986

Keywords:

3D Virtual Reality, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran 3D virtual reality berbasis android untuk pembelajaran seni tari pada siswa kelas V Di SDN 4 Ketringan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni tari yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan keterbatasan penggunaan media interaktif. Metode yang digunakan adalah research and development (r&d) dengan model pengembangan addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian mencakup analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, serta uji efektivitas melalui pre-test dan post-test. Media dikembangkan menggunakan platform artsteps.com yang memungkinkan pembuatan pameran virtual dalam bentuk 3D virtual reality, dan dapat diakses melalui smartphone. Materi pembelajaran difokuskan pada unsur pendukung tari. Hasil uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan nilai validasi masing-masing sebesar 88,75% dan 89,7%, dengan kategori “sangat layak.” Uji efektivitas dilakukan pada kelompok kecil dan besar. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan (p< 0,05), dan analisis n-gain menunjukkan peningkatan sedang (0,4911) pada kelompok kecil dan besar (0,7882) pada kelompok besar. Hasil ini menunjukkan bahwa media 3d virtual reality berbasis android efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini mengindikasikan bahwa multimedia imersif memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang inovatif dan interaktif di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam bidang seni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A.

H. (2024). Vol 12 Special Issue

No 1 2024 JDPP Potensi

Pemanfaatan Virtual Reality

Sebagai Media Pembelajaran Di

Era Digital. Jurnal Dimensi

Pendidikan Dan Pembelajaran,

12.

http://journal.umpo.ac.id/index.ph

p/dimensi/index

Febriana, D., Asih, I. V. Y., & Aan, S.

P. (2023). PENGEMBANGAN

MEDIA PEMBELAJARAN

VIRTUAL REALITY BERBANTU

MILLEA LAB PADA MATA

PELAJARAN MATEMATIKA DI

SEKOLAH DASAR. In Jurnal

Pendidikan Dasar (Vol. 11, Issue

2).

Ismiati, A., & Lestari, W. (2022).

ANALISIS KEBUTUHAN

PENERAPAN MEDIA

PEMBELAJARAN APLIKASI

MAGIC CARD AUGMENTED

REALITY PADA GERAK DASAR

TARI SUNDA.

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y.

(2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Video

Tutorial Pada Mata Kuliah

Pemrograman Visual dengan

Metode ADDIE. JAVIT : Jurnal

Vokasi Informatika, 121–130.

https://doi.org/10.24036/javit.v2i1

.81

Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN E-MODUL

INTERAKTIF PADA

MATAKULIAH PEMROGRAMAN

VISUAL DENGAN METODE

PENGEMBANGAN ADDIE.

JAVIT : Jurnal Vokasi

Informatika.

https://doi.org/10.24036/javit.v1i3

.67

Mukti, R. W. T., & Fathurrahman, M.

(2023). PENGEMBANGAN

MEDIA PEMBELAJARAN

ARTSTEPS UNTUK

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR SENI MUSIK. In

Jurnal Pendidikan Teknologi

Informasi (JUKANTI) (Issue 6).

Rahma, N. R., Umar, & Kusnadi, U.

(2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Flipbook Materi

Seni Tari Kreasi Pada Mata

Pelajaran SBDP Di Sekolah

Dasar. Jurnal Bintang

Pendidikan Indonesia, 1(4), 215–

232.

https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i

4.2064

Rahmawati, S., Paradia, P. A., &

Noor, F. M. (2021). META

ANALISIS MEDIA

PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS

BERBASIS VIRTUAL REALITY.

In OPTIKA: Jurnal Pendidikan

Fisika (Vol. 5, Issue 1).

Sabirin, F., Mustofa, & Sulistiyarini, D.

(2022). Pengembangan media

pembelajaran 3D untuk mata

kuliah geologi dasar. Jurnal

Pendidikan Informatika Dan

Sains, 11(1), 57–70.

Downloads

Published

2025-07-31