ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 140 PALEMBANG

Authors

  • septifa carolina Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Ferri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28972

Keywords:

minat membaca, faktor internal, faktor eksternal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat membacasiswa SDN 140 Palembang. Metode yang digunakanadalah pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategorifaktor penyebab rendahnya minat membaca siswa. Faktor internal meliputi rendahnya kemampuanmembaca, kurangnya kebiasaan membaca, dan kurangnya motivasi intrinsik siswa untuk membaca. Faktor eksternal mencakup lingkungan sekolah yang kurang mendukung, peran perpustakaan yang belummaksimal, keterbatasan koleksi buku yang menarik, pengaruh media digital, serta kurangnya dukungandari keluarga dalam membiasakan anak untukmembaca. Temuan ini sejalan dengan penelitiansebelumnya yang mengidentifikasi bahwa faktorinternal seperti kemampuan dan kebiasaan membaca, serta faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan dukungan keluarga, berperan signifikan dalam minatbaca siswa Berdasarkan hasil penelitian, disarankanuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran membacadi sekolah, memperbanyak koleksi buku yang menarikdi perpustakaan, serta melibatkan orang tua dalammendukung kebiasaan membaca anak. Dengandemikian, diharapkan minat membaca siswa dapatmeningkat, yang pada gilirannya akan berdampakpositif pada prestasi akademik. Kata kunci: minat membaca, faktor internal, faktoreksternal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., & Suaedah, S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Pada Minat Belajar Siswa Di Smpn 15 Kota Bekasi. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 808.

Citriadin. (2019). Pengantar pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Mataram: CV Sanabil

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi & Widyasari. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 3121. doi:10.31004/obsesi.v6i6.3121

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar negeri 4 sirang setambang tahun pelajaran 2018/2019. JPiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48.

Elendiana. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(2), 572. doi:10.31004/jpdk.v1i2.572

Emilyasanti. (2022). Program Donasi Buku Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Media Informasi, 31(2), 5144. doi:10.22146/mi.v31i2.5144

Fikri. (2023). Pendampingan Gerakan Literasi Anak Melalui Rumah Baca Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi Ipteks, 1(5), 149. doi:10.59407/jpki2.v1i5.149

Gunawati. (2022). Nurturing Reading Culture: Establishing a Mini Library to Promote Literacy And Foster Children's Reading Interest In Cidikit Village, Bayah, Lebak, Banten. Journal of Community Service, 1(2), 16810. doi:10.51825/pcsj.v1i2.16810

Giantara, F., Yanti, N., Kusnadi, Bainar, & Mursal. (2020). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Sekolah Di Perumahan Bumi Mandala 2. Community Develpment Journal, 1(3).265-270

Haryanto, et al. (2022). Modelling Of Reading Interest Elementary School Students As An Effort For Improving Literacy Rates. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 44. doi:10.33578/kpd.v1i3.44

Hartiningtyas. (2023). Pengaruh Jenis Kelamin Penulis Sastra Anak Pada Minat Baca SSiswa Laki-Laki Kelas 5 SD Tetum Bunaya. Jentera Jurnal Kajian Sastra, 12(2), 6166. doi:10.26499/jentera.v12i2.6166

Hidayati. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Orang Tua Dalam Perawatan Gigi Dan Mulut Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dasar di RW 03 Kelurahan Sawahan Timur Kecamatan Padang Timur wilayah kerja Puskesmas Andalas tahun . Menara Ilmu, 18(2), 4948. doi:10.31869/mi.v18i2.4948

Ilmi. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Pjpi, 1(3), 642. doi:10.47134/pjpi.v1i3.642

Kasper, M., Kallio, K., & Kallio, M. (2018). Language Teaching Strategies Impact on Third-grade Students' Reading Outcomes And Reading Interest. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 465-474. doi:10.26822/iejee.2018541309

Makay. (2023). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak-Anak Desa Klis. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 120. doi:10.59025/js.v2i3.120

Malaisari. (2024). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Memperhatikan Terhadap Minat Belajar Anak. JEP, 5(1), 57. doi:10.51730/jep.v5i1.57

Martesya, R. (2024). Can an ideal library guarantee high elementary school students' interest in reading?. Lectura Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-10. doi:10.31849/lectura.v15i1.17664

Mulasih. (2022). Literasi keluarga: Strategi Menumbuhkan Kebiasaan Tanggung Jawab Membaca Kepada Anak. Lingua Rima Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 5783. doi:10.31000/lgrm.v11i1.5783

Pradana. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(2), 599. doi:10.31004/jpdk.v1i2.599

Rahmatia. (2023). Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Buletin Edukasi Indonesia, 2(2), 177. doi:10.56741/bei.v2i02.177

Rahmi, & Dafit. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 51363. doi:10.23887/jippg.v5i2.51363

Rambe, N., Azhar, PC, Sugma, AR, & Franklin, (2023). Development of Digital-Based Smart Card Learning Media to Improve the Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Students.MUDARRISA: Journal of Islamic Education Studies,15(1), 1-24.

Safitri, & Dafit. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 938. doi:10.31004/basicedu.v5i3.938

Sayekti, R., Sari, R., & Hidayah, N. (2023). The Effect Of Family Literacy On Students' Interest In Reading. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 1-10. doi:10.21831/jpe.v11i1.56261

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wati. (2023). Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Gerakan Literasi Di Sekolah Menengah Pertama. Sebasa, 6(2), 21999. doi:10.29408/sbs.v6i2.21999

Widyowati, S., Sari, R., & Hidayah, N. (2020). Pengembangan media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 29714. doi:10.23887/ijcsl.v4i4.29714

Yulianingsih, et al. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 740. doi:10.31004/obsesi.v5i2.740

Zahra. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Literasi Siswa di Kelas 4 SDN Susukan 03 Pagi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 19454. doi:10.30998/rdje.v9i2.19454

Zelpamailiani. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Di Kecamatan Koto XI Tarusan. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3 (4), 1316 – 1322.

Downloads

Published

2025-08-05

Most read articles by the same author(s)