Pengaruh Model Pembelaharan Discovery Learning Dengan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS kelas V DI SDN Ngadirejo 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28953Keywords:
Discovery Learning, Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Sekolah DasarAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Ngadirejo 03. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop-Up Book. Rata-rata nilai meningkat dari 68,8 (pretest) menjadi 79,42 (posttest). Hal ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan Pop-Up Book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Ariasanti, N., Putri, E. D., & Permana, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 20–29.
Anisa, N. I., & Setiawan, D. (2023). Efektivitas Media Pop Up Book dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(2), 115–124.
Ermawati, N., Rahmawati, E., & Setyaningsih, R. (2023). Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 214–221.
Febriani, A. D. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Visual dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 133–139.
Harahap, F., Siregar, N. L., & Lubis, S. (2023). Analisis Efektivitas Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 7(1), 92–99.
Ricardo, H., & Meilani, R. (2017). Penerapan Media Pop Up Book untuk Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(2), 47–53.
Setiyanigrum, N. (2020). Peran Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Visualisasi Konsep IPAS. Jurnal Kreatifitas Pembelajaran, 5(1), 70–78.
Widari, W. (2023). Discovery Learning dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 11(1), 55–62.
Yuliani, L. & Tarmizi, I. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 89–96.
Nisa, S., Rahma, A., & Rahayu, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Pop Up Book. Jurnal Ilmiah PGSD Kreatif, 8(1), 36–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.