MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KONSEP SAINS DAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BIMBINGAN

(Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif di SD kelas 1 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun Ajaran 2014)

Authors

  • Yuni Indriani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.289

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan penguasaan konsep sains dan
karakter siswa melalui pembelajaran berbasis bimbingan di kelas satu. Penelitian
dilakukan pada tahun akademik 2014-2015 di Sekolah Dasar Negeri Kebon
Gedang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif
dengan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Partisipan penelitian adalah
25 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 10 laki-laki, dan rentang usia 6-7
tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bimbingan dapat
mengembangkan penguasaan konsep sains dan karakter kerjasama, disiplin,
gemar bertanya, tanggung jawab, kerja keras secara bertahap setiap siklusnya.
Pembelajaran berbasis bimbingan dapat menjadi alternatif pendekatan bagi siswa
dikelas satu sekolah dasar.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Bimbingan, Penguasaan Konsep, Pendidikan
Sains, Kelas Satu dan Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-01