PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS 1 DALAM MENGUKUR PANJANG BENDA

Authors

  • Eka Layinnatussyifa Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28889

Keywords:

Interactive Video, Concept Understanding, Length Measurement

Abstract

This study aims to develop interactive learning video media to improve understanding of the concept of measuring length in grade 1 students of SDN Sumberejo 2. Using the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model, involving 29 students as research subjects. Data were collected through observation, interviews, tests, and questionnaires. The video was developed using Canva and CapCut, validated by material experts, media experts, and learning practitioners. The validation results showed a score of 96% from material experts and 97.5% from media experts, which means the video was declared very valid. Implementation was carried out through three meetings, with an average pretest result of 55.17 and increasing to 93.79 in the posttest, with an N-Gain value of 0.8682 which is quite high. This proves that practical videos are used because they can improve student learning outcomes. The effectiveness of the media is proven through the results of the student response questionnaire which reached 94% and the teacher's assessment of 97.5%, both of which are in the "very effective" category. Thus, the interactive learning videos developed are proven to be valid, practical, and effective for use in mathematics learning, especially in the material on measuring length in grade 1 of elementary school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anafi , K., Wiryokusumo , I., & Leksono , I. P. (2021, November ). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3d. Jurnal Education and development, 9(Media pembelajaran, Unity 3d , Perangkat Keras Komputer), 433-438.

Asnawati , Y., & Sutiah . (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIE: Journal of Islamic Education, 9(Media, ), 64-72.

Atmaja , I. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(pemahaman, konsep, matematika, metakognisi, koneksi), 2048-2056.

Farahita, S. D., Mufidah , N., Khilma, R. A., Ismail , H., Fernando , R., Sakinah , L. H., . . . Rahmadani , R. A. (2024, November ). Meningkatkan keterlibatan siswa melalui mediapembelajaran berbasis interactive video lesson. CendikiaJurnalPendidikandanPengajaran(Analisis,Media,Interaktif,Siswa), 588-592.

Fazila, Y., & Khatimah , H. (2024, Juli ). Pengaruh Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(Video pembelajaran,Motivasi belajar, Instrument, Materi Kubus dan Balok ), 685-694.

Frasetia, N., Salsabila, F., Jasmine , A. A., Aprilia , R., & Wismanto . (2024, Mei ). Analisis Konsep Dasar Media Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 3(Proses (konsep), Media pembelajaran, siswa), 52-61.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Intan , D. N., Kuntarto , E., & Sholeh , M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(Strategi Guru, Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Matematika), 3302-3313.

Janah , F. M., Nuroso , H., Mudzanatun , & Isnuryantono , E. (2023, Juni ). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media PembelajaranMatematika di Sekolah Dasar. 72-88.

Khoiriyah , N. (2021). Peningkatan Keterampilan Mengukur Panjang Benda Melalui Penggunaan Media Video Pada Peserta Didik Kelas II MI Al-Fatah Dimong. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(MediaVideo, keterampilan mengukur panjang benda), 283-288.

Laela, D. F., & Basuki , D. D. (2023, Desember ). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Materi Pengukuran Mata Pelajaran Matematika Kelas II SekolahDasarKarawang. BADA’A:JurnalIlmiahPendidikanDasar, 5(Analisis Kesulitan, Peserta Didik, Pengukuran, Matematika), 204-213.

Marinda, L. (2020, April ). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’:Jurnal Kajian Perempuan& Keislaman, 13(Perkembangan Kognitif, Jean Piaget, Disleksia, Dis-grafia, Diskalkulia), 116-152.

Mayer , R. E. (2009). Multimedia Leraning. New York : Cambridge University Press.

Mustho'inah , Damayani , A. T., & Sary, R. M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematika Di Tinjau Dari Perbedaan Gender Di Sekolah Dasar. Prosiding Sendika, 4, pp. 318-332. Semarang.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ningsih , S. Y., Anggrayni , M., & Sita , E. (2024, September ). Pengembangan Media Video Animasi Materi Pengukuran Pada Pembelajaran Matematika Untuk Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Dikdaya(Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Matematika), 496-505.

Novitasari , E. (2024, Juni ). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika melalui Model Problem Based LearningSiswa Kelas 4 SDN 1 PurwantoroMalang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(Critical Thinking;Problem Based LearningStuden), 776-788.

Nur , F., Febrianti , F., Novitasari , W., Rahman , N. R., & Nabila . (2024, Juli ). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(Penelitian dan PengembanganMedia InteraktifPemahaman KonsepTurunan), 95-106.

Nurfadillah , S., Ningsih , D. A., Ramadhania , P. R., & Sifa , U. N. (2021, Agustus ). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajarsiswasd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(Media Pembelajaran, Minat Belajar), 243-255.

Oktavianah , R. (2022, Oktober ). Validitas Media Pembelajaran Matematika Video Animasi Berbantuan Adobe After Effect Berbasis Problem Based Learning Smp Kelas Vii. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(Media Pembelajaran, Video Animasi, Adobe After Effect, Problem BasedLearning), 55-60.

Oktaviani , E. M., Humairah , Ilmi , L. A., & Khasanah , U. (2024, Juli ). Penerapan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas VSD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA, 4(Mediaedukasi;video interaktif; hasil belajar siswa), 219-226.

Safari, Y., & Rahmalia , S. M. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematikadi Sekolah. Karimah Tauhid , 3(Pemahaman konsep, matematika, pendidikan), 9847-9855.

Safitri , M., & Aziz , M. R. (2022, Agustus ). Addie,Sebuahmodeluntukpengembanganmultimedialearning. Jurnal Pendidikan Dasar (ADDIE,multimedia,learning), 50-58.

Salsabila , I., Yuanta , F., & Popiyanto , Y. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapcutMateri Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas I SDNPakis V Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(Pengembangan Media Video Pembelajaran, Aplikasi Capcut, Matematika), 28749-28756.

Saragih , M., Wiranto , & Badjie , S. D. (2023, Juni ). Implementasi Aplikasi CapCutDalam Pembuatan Video Pembelajaran Terhadap Guru-Guru SD Bharlin School. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pundimaswid), 2(Aplikasi CapCut, Video Pembelajaran), 1-10.

Sengkey , D. J., Sampoerno , P. D., & Aziz , T. A. (2023, Maret ). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(pemahaman konsep; matematika, kajian literatur), 67-74.

Setiani , A., Lukman, H. S., & Agustiani , N. (2022, Desember ). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Prisma, 11(pembelajaran matematika; validitas; video), 538-547.

Siburian, E. S., & Suhery , T. (2021). Pengembangan Instrumen Validasi Untuk Expert Reviewtentang Mediaberbasis Inquiry. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(instrumen validasi, inquiry, expert review), 181-188.

Siregar , R. R., & Dewi , I. (2022). Peran Matematika Dalamkehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(Mathematics;Development;Society), 77-89.

Wulandari , I., Alim , J. A., & Putra , M. A. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(video animasi;pengukuran;validitas, praktikalitas), 7078-7092.

Zamsiswaya , Syawaluddin , & Syahrizul . (2024). Pengembangan Model ADDIE(Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(Metode, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi), 46363-46369.

Downloads

Published

2025-09-23