PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 25 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28850Keywords:
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar melalui pemecahan masalah, bekerja mandiri, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 25 Palembang. jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen Semu (Quasi Experiment Design). Penelitian eksperimen ini menggunakan bentuk desain dengan pendekatan The Non- equivalent Control Group Design yaitu suatu penelitian yang terdiri atas dua kelompok yang masing-masing diberi pretest dan posttest kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Palembang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan model PBL dan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis yang telah dilakukan yaitu, nilai signifikan = 0,000 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,000 < 0,05 dalam hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrolDownloads
References
Aisyah , S., Noviyanti , E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1).
Amalia, I. M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1), 21-29.
Ammarullah, M., Mulyadi, & Hermansyah. (2020). The Perspective Of The Tenth Grade Students Of Muhammadiyah Vocational High School 2 Of Palembang Towards Learning Writing Descriptive Texts Through Content Based Instruction (Cbi). Journal Of English Studyprogramme, 3(1), 1-9.
Anggiehla, A., Misdalina, & Nuranisa. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Talang Ubi Kabupaten Palu. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn , 4(1), 33-38.
Aningsih. Mujiani, D. S. (2024, Februari). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik, Xii(1), 12-19.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vii(3), 5-11.
Isma, T. W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.
Nisa, E. A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Journal Education, 9(2), 948-955.
Nisa, Et Al. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Journal Education, 9(2), 948-955.
Nisa, K. E. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 9(2), 949-955.
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, N. D. (2020, Mei). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Sg Posture Evaluation. Jurnal Kerapian Fisik, 5(1), 55-61.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.