PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28848Keywords:
Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif,Teams Games ToAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest Kontrol group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB di SD Negeri 101 Palembang, dengan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA. Oleh karena itu, model TGT dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Fx. Agus, H. (2023). Teams Games Tournamen & Jigsaw Melalui Pendekatan Sigtifik . 30 : grup penerbitan CV budi publisher .
Hafid, A. &. (2021 ). Pendidikan Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan , 67. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13890
Harefa, T. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran CPS . Jurnal of Primary Education . doi: 10.35724/musjpe.v3i1.2875
Herawan. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah dasar. jurnal pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 90.
Hidayat, R. &. (2019 ). Konsep Teori dan Aplikasinya. Ilmu Pendidikan .
Meliana, A. d. (2023 ). Analisis Faktor-faktor yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar Siswa di SDN Karang Ringgin . Jurnal On Education .
Mira Mauliza Rahmi, M. S. (2022). Edukasi Evabrik Sebagai Upaya Penanggulangan Sampah Plastik di Sekolah SDN 6 Meulaboh, Aceh Barat. Jurnal Abdi Insani . https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.690
Mirdad. (2022). Pengembangan Multimedia Google Earth Berbasis Virtual Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, , 78.
Nurhayati, A. S. (2022). Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe TGT Pada Pembelajaran IPA SD. Jurnal Basicedu . https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Nyamik Rahayu, S. E. (2019). Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Mathematics Education Jurnal. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785
Sugiyono. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA bervisi Sets dengan Metode Outdoor Learning Untuk Menanamkan Nilai Karakter Bangsa. 6(1), 57.
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung : alfabeta .
Teguh. (2024). Mengukur Citra Carrefour BG Junction Surabaya. Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi,. Jurnal Pendidikan . https://doi.org/10.30640/jumma45.v3i1.2363
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.