Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Augmented Reality untuk Pengoptimalan Pemahaman Siswa Materi Metamorfosis IPAS Kelas III MI

Authors

  • Lyla Nur Faizah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Muhammad Romadlon Habibullah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Umu Alviati Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Umi Khoirul Fadlillah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Dwi Noviana Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Dwi Ayu Berlian Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Shinta Nur Laili Rofiqoh Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Abdul Aziz Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Asma'ul Afif Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Anis Khoirun Nisa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Umi Latifah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28835

Keywords:

Edutainment Strategy, Augmented Reality, Optimizing Understanding

Abstract

Dalam pembelajaran IPAS, pemahaman konsep merupakan aspek fundamental yang harus dimiliki siswa. Pemahaman yang baik terhadap materi pembelajaran memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan konsep-konsep dalam situasi kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil strategi pembelajaran edutainment berbasis augmented reality yang diterapkan di MI Al Ulum Kabalan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kuantitatif dilakukan dengan mengolah data yang diperoleh melalui uji pre-tes dan pos-tes pada siswa,. Hasil uji coba yang dilakukan pada kelompok kecil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test siswa berada pada persentase 40%. Setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi edutainment berbasis augmented reality, nilai post-test meningkat menjadi 70%, atau mengalami peningkatan sebesar 30%. Sementara itu, hasil uji coba pada kelompok besar menunjukkan bahwa nilai pre-test siswa berada pada persentase 45%, dan meningkat menjadi 85% pada saat post-test. Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 40%.. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran edutainment berbasis augmented reality memberikan kontribusi positif terhadap pengoptimalan pemahaman siswa. Strategi ini mampu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan memfasilitasi pemahaman konsep abstrak dengan lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, Ulil. 2018. “Teori Mutakhir Pembelajaran: Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” El-Tarbawi 11 (1): 51–62.

Diah, Aryulina. 2006. Biologi : - Jilid 3. Edited by Avni Khairunnisa Ch. Eny Wijayanti. Indonesia: Esis.

Ela Suryani, Hamidulloh Ibda. 2019. Analisis Pemahaman Konsep? Two-Tier Test Sebagai Alternatif. 1st ed. semarang: CV. Pilar Nusantara.

Erric Wijaya, Retno Indriyati, Rinawati, Rahmawati Ning Utami, Titin Agustin Negsih, Suharyanto, Eric Hermawan, Rita Deseria, nurul Aziza, Loso Judijianto, Mardikawati, Budi. 2024. Pengantar Statistika: Konsep Dasar Untuk Analisis Data. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fitri, Wardatina. 2025. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Edutainment Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas x Sma Babul Maghfirah” 10: 45–50.

Indriyani, Azizah. 2020. “Manajemen SDM Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Dan Kualitas Pelayanan Di Ridwan Institute Cirebon.” Syntax Idea 2507 (February): 1–9.

Ismayani, Ani. 2020. Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Masrifa, Amilatul, Sa’idatum Munirah, Alivia Ratu Cahyani, Dini Hikmatul Fauziyah Fauziyah. 2023. Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Edited by Bayu Wijayama. semarang: Cahya Ghani Recovery.

Muhammad Najib. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Daya Retensi Siswa MI/SD.” Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Muhammmad Supriyadi. 2016. “Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar” 1: 1–23.

Mulyasa, Aksara. 2021. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Bumi Aksara.

Rezkiyana Hikmah. 2017. “Penerapan Model Advance Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa.” Jurnal SAP 1.

Rifda mardian Arif, Vicka Muniati Arifin, Meyiska Naysilla Nadine, Arifin, Irvan Novita. 2025. Konsep Dasar Fisika Di Sekolah Dasar. Edited by Tim Editor Bayfa Cendekia. Pertama. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.

Ryan, Richard. 2023. The Oxford Handbook of Self-Determination Theory. Oxford Handbooks. Amerika: Oxford University Press.

Sani Susanti, Fitrah Aminah, Intan Mumtazah Assa’idah, Mey Wati Aulia, Tania Angelika. 2024. “Pedagogik” 2 (2): 86–93.

Shodiqin, Rahmat. 2016. “Pembelajaran Berbasis Edutainment.” Jurnal Al-Maqoyis 4 (1): 36–52.

Sutiah. 2020. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indonesia: NLC.

Suyatno. 2007. Pembelajaran Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: PT Grasindo.

Yogiarni, Tiara, Raisa Aulia Sodikin. 2025. Menciptakan Video Edukatif IPAS Yang Menarik Dan Efektif Menggunakan Canva. Edited by Nanden Permas Hikmatunnisa ; Jennyta Caturiasari. Indonesia: CV. Ruang Tentor.

Downloads

Published

2025-08-20