PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • iramaharani Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28775

Keywords:

Kata Kunci: Media Pembelajaran Papan Kata, Motivasi Belajar

Abstract

Peneliitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran papan kata terhadap motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ekspreimen yaitu Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas II A sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angke t motivasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran papan kata terhadap motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,025. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan, jika nilai signifikansi < 0,025 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran papan kata terhadap motivasi belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 35-44.

Andriani, R. &. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 80-86.

Dewi, F. C. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. urnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1-13.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 172-182.

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 72-75.

Fernando, Y. A. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 61-68.

Giawa, M. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 327-332.

Mustika, C. N. (2023). Penggunaan media papan susun kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SD Negeri Banjarsari 5 . Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3397-3404.

Haptanti, F. S. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 972-980.

Haryono, E. S. (2023). Statistika spss 28.

Hasan, H. (2022). Pengembangan sistem informasi dokumentasi terpusat pada stmik tidore mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 23-30.

Hasibuan, M. P. (2023). Analisis pengukuran temperatur udara dengan metode observasi. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 8-15.

Mayasari, M. M. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SDN 11 Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023. . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 546-557.

Mustika, C. N. (2023). Penggunaan media papan susun kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SD Negeri Banjarsari 5 . Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3397-3404.

Wulandari, A. P. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 3928-3936.

Downloads

Published

2025-10-16