Analisis Kedisiplinan Siswa terhadap Kepatuhan Tata Tertib di SDN Keleyan 2 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28770Keywords:
kedisiplinan, pembiasaan, siswa sekolah dasar, tata tertib sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di SDN Keleyan 2 Bangkalan. Permasalahan mengenai kedisiplinan menjadi sorotan utama karena masih ditemukan sejumlah siswa yang datang terlambat ke sekolah, tidak segera masuk kelas setelah jam istirahat, serta mengganggu jalannya proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi terkait aturan dan pelaksanaan tata tertib sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tata tertib belum berjalan secara optimal, disebabkan oleh kurangnya sosialisasi peraturan, tidak adanya pembiasaan sikap disiplin yang konsisten, serta lemahnya pengawasan dari pihak sekolah. Selain itu, pengaruh lingkungan sekitar dan karakter siswa juga menjadi tantangan dalam membentuk perilaku disiplin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan keterlibatan aktif dari seluruh elemen sekolah untuk membentuk budaya disiplin, melalui keteladanan, pembinaan yang berkesinambungan, serta pendekatan yang mampu menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap aturan sekolah.Downloads
References
Dimyati, K. (2018). Prosiding Konferensi Nasional ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (APPPTMA): orientasi Program Pascasarjana PTMA: memperkuat tradisi riset dan publikasi: Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). sosial politik & ekonomi, Volume 2, Yogyakarta:PPS UMY (Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Firdaus, M. A., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 41-54. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.1991
Isnaini, F. & Taufik. (2015). Strategi Self-Management u1ntuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33-42. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1842
Karimah, U., & Prasetya, B. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum Leces Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 224-231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12658
Lestari, Y. P., & Yulyani, D. (2022). Membentuk Sikap Disiplin Siswa Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Jurnal of Civic and Education Studies, 9(2). https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p1
Prasetya, S. (2016). Pengaruh disiplin tata tertib terhadap pembentukan akhlak siswa. Jurnal Eksekutif, 13(2). https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/99
Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk disiplin siswa di smp negeri 28 surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa UNESA, 2(2), 343-357. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p343-357
Putra, Setiawan, D., & Fajrie. N. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4310
Rivai, A. A., Dayakisni, T., & Saraswati, P. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Tatatertib Sekolah Dengan Sikap Disiplin Siswa Di MTsN 3 Banjarmasin. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang, 22(1). https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/99
Sari, R. I. (2023). Tata Tertib Sekolah dan Kedisiplinan Belajar di MA Yayasan Pendidikan Kalangsari Cijulang. Journal of Islamic Education, 1(1), 37-49. https://doi.org/10.61231/jie.v1i1.44
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tajudin, & Yuliani, H. (2020). Pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang (Vol. 1, No. 1, p. 138). https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/11266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.