PENGARUH ROLE PLAYING GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN 89 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28720Keywords:
Learning Method, Role Playing Game, Speaking AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SD Negeri 89 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas II SD Negeri 89 Palembang yang berjumlah 28 Siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essay sejumlah 20 soal pertanyaan, Observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil analisis data diperoleh = 0,000 < dari = 1,671 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa SD Negeri 89 Palembang.Downloads
References
Azani Astri, S. S. G. G., 2024. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, pp. 17-37. Bahtiar Reza Syehma, D. Y. S., 2019. Metode Role Playing Dalam Peningkatan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli Pada Siswa Sekolah Dasar , Volume 3
Izzati, F.N., Kurnianti, E.M., Hasanah, U., 2024. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Role Playing. kompetensi 17, 134–142.
Junaedi, I., 2019. Proses Pembelajaran yang Efektif.
Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2019/2019.Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 88-98.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S.A., Lazuardi, J., 2022. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia 1.
Mailida, Y., Wandini, R.R., Rahmah, M.F., 2023. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3 no.2, 5608–5615.
Puspitaningrum, J. I., 2019. Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Rahmah, M.F., Nasution, S., 2024. 1Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia 8.
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.
Rohaini, B., 2021. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Matapelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Time Token Di Kelas X Sma Negeri 5 Medan, Volume 1
Sari, R.K., 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 2 No.1, 61–67.
Suciati, S., 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Tentang Jati Diri (Talking About Self) melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelas X MIPA.1 SMAN 4 Kota Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Widyari, M., 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia, pp.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.