The PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ismi Qasthalani ISBI Singkawang
  • Safrihady ISBI Singkawang
  • Haris Rosdianto ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28677

Keywords:

Pengaruh, Inside Outside Circle, kepercayaan diri, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kepercayaan diri siswa yang terjadi di kelas V dan dibutuhkan juga penggunaan model pembelajaran yang lebih menarik agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kepercayaan diri siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SD Negeri 15 Singkawang dan untuk mengetahui pengaruh model inside outiside circle terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 15 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan quasi eksperimental dengan desain one group pretest postest desain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Maka sampel penelitian ini yaitu kelas V sebagai dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berisi 25 pernyataan dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran yang berisi 24 pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 15 Singkawang dilihat dari perhitungan rata-rata dari observer adalah 3,2 berada di kategori terlaksana dengan baik.  2) terdapat pengaruh model inside outiside circle terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 15 Singkawang dilihat dari perhitungan uji paired sample t-test diperoleh yaitu 22,73 >2,045. Dan diinterpretasi nilai effect size sebesar 1,88 artinya mempunyai pengaruh yang berkategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Primary, 09(01), 23 − 24.

Hamzah, Amir.2020. Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Ningsih, S. Y., & Andriani, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 88–94.

Novanto, Y. S., Buyung, B., Safrihady, S., & Oktavia, W. (2025). Kecemasan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 10(1), 14-18.

Rosdianto, H., & Utama, E. G. (2025). Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas III SDN 87 Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 343-354.

Sasmita, A. G., Sutarjo, A., & Hanif, M. Pengaruh Penggunaan Model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa. Didaktika, 3(4), 322-332.

Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 267-292.

Wijayanti, E. Y. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode Role Playing. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan, 31(1), 40-56. https://doi.org/ 10.24235/ath.v%vi%i.8494

Downloads

Published

2025-09-23

Most read articles by the same author(s)