UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 3 SDN GODOG 02 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Miftahul Khoiriyah Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28671

Keywords:

kesulitan membaca, membaca permulaan, upaya guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan, faktor penyebabnya, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa kelas 3 SDN Godog 02 Polokarto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru kelas 3 dan siswa kelas 3 SDN Gogog 02 Polokarto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan membaca permulaan dalam hal ketidakmampuan membedakan huruf yang mirip, membaca mengeja, penghilangan kata, kesalahan intonasi akibat mengabaikan tanda baca, membaca ragu-ragu, dan lambatnya membaca kalimat pendek. Faktor penyebabnya adalah faktor kognitif, psikologis, metode pembelajaran yang tidak eksplisit, lingkungan belajar yang kurang mendukung, dan minimnya kebiasaan membaca. Upaya guru meliputi pemberian bimbingan individual, pemberian motivasi belajar, dan penerapan metode abjad dan eja. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca permulaan, disarankan agar guru memanfaatkan media konkret seperti kartu huruf bergambar, papan suku kata, dan ilustrasi visual yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa, guna memperkuat kemampuan fonologis serta mempermudah pengenalan huruf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, M. J. (1990). Beginning to Read: Thinking and Learning About Print. MIT Press.

Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Arends, R. I. (2012). Belajar untuk Mengajar (9th ed.). Salemba Humanika.

Azkiya, N., & Ridhuan, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Iii Sdn Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 125. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266

Ehri, L. C. (2005). Learning to read words: Theory, findings, and issues. Scientific Studies of Reading, 9(2), 167–188. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s1532799xssr0902_4

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74

Maritim, A. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1066–1o80. https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/nusra/article/download/1741/1770/9473

Monica Wahyu Pertiwi, Sutama, M. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 414–428.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Sekolah dasar. In Sanabali Creative.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524-532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659

Shalihat, Entin & Zain, Moh. I. & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi program literasi dasar pada anak sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2390

Slavin, R. E. (2009). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik (Edisi ke-8). Indeks.

Suparno; Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Membaca dan Menulis. Universitas Terbuka.

Vila Aulia, I Nyoman Karma, L. W. Z. A. (2024). Analisis Cara Guru Dalam Mengatasi kesulitan Membaca siswa Kelas V di SDN 2 Lalar Liang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 202–210.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Downloads

Published

2025-09-30