UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 3 SDN GODOG 02 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28671Keywords:
kesulitan membaca, membaca permulaan, upaya guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan, faktor penyebabnya, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa kelas 3 SDN Godog 02 Polokarto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru kelas 3 dan siswa kelas 3 SDN Gogog 02 Polokarto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan membaca permulaan dalam hal ketidakmampuan membedakan huruf yang mirip, membaca mengeja, penghilangan kata, kesalahan intonasi akibat mengabaikan tanda baca, membaca ragu-ragu, dan lambatnya membaca kalimat pendek. Faktor penyebabnya adalah faktor kognitif, psikologis, metode pembelajaran yang tidak eksplisit, lingkungan belajar yang kurang mendukung, dan minimnya kebiasaan membaca. Upaya guru meliputi pemberian bimbingan individual, pemberian motivasi belajar, dan penerapan metode abjad dan eja. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca permulaan, disarankan agar guru memanfaatkan media konkret seperti kartu huruf bergambar, papan suku kata, dan ilustrasi visual yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa, guna memperkuat kemampuan fonologis serta mempermudah pengenalan huruf.Downloads
References
Adams, M. J. (1990). Beginning to Read: Thinking and Learning About Print. MIT Press.
Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Arends, R. I. (2012). Belajar untuk Mengajar (9th ed.). Salemba Humanika.
Azkiya, N., & Ridhuan, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Iii Sdn Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 125. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266
Ehri, L. C. (2005). Learning to read words: Theory, findings, and issues. Scientific Studies of Reading, 9(2), 167–188. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s1532799xssr0902_4
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
Maritim, A. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1066–1o80. https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/nusra/article/download/1741/1770/9473
Monica Wahyu Pertiwi, Sutama, M. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 414–428.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Sekolah dasar. In Sanabali Creative.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524-532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659
Shalihat, Entin & Zain, Moh. I. & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi program literasi dasar pada anak sekolah dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2390
Slavin, R. E. (2009). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik (Edisi ke-8). Indeks.
Suparno; Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Membaca dan Menulis. Universitas Terbuka.
Vila Aulia, I Nyoman Karma, L. W. Z. A. (2024). Analisis Cara Guru Dalam Mengatasi kesulitan Membaca siswa Kelas V di SDN 2 Lalar Liang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 202–210.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.