PENGARUH PENGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUH-TUMBUHAN (DAUN) DAN FUNGSINYA PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN SEPULU 1

Authors

  • Winda Sari STKIP PGRI Bangkalan
  • Miranti Widi STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28664

Keywords:

Media Konkret, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan pengalaman observasi selama masa pengenalan lapangan persekolahan (PLP) 2 di kelas IV UPTD SDN sepulu 1. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPAS siswa kurang paham dalam penyampaian materi.nilai yang di temukan dalam pembelajaran IPAS ialah siswa kurang paham memehami konsep tumbuh-tumbuhan karena siswa tidak fokus memperhatikan saat guru menjelaskan.dalam pembelaran IPAS sebelumnya menggunakan metode ceramah,dengan begitu siswa cenderung cepat bosan dan kurang memahami materi yang sudah di jelaskan guru. Terlihat dari cara peserta didik merespon saat pembelajaran dimulai siswa lebih paham menggunakan media konkret yaitu media nyata atau tiruan dalam bentuk nyata yang berperan sebagai sumber belajar siswa untuk menyaipaikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan media media konkret terhadap hasil belajar dan pemahaman siswa kelas IV materi bagian-bagian tumbuh-tumbuhan (DAUN) dan fungsinya pada mata pembelaran ipas di UPTD SDN Sepulu 1. Hasil uji normalitas dan uji paired sample t- test memproleh gambaran data data nilai signitifikan sebagai berikut Nilai signitifikan pemahaman pada uji normalitas sebesar 0,15>0,05 maka sample berasal dari populasi berdistribusi normal. Nilai signitifikan hasil belajar pada ujian normalitas sebesar 0,992>0,05maka sampel berdasar dari populasi berdistribusi normal. Nilai signifikan pemahaman pada uji paired sample t-test sebesar0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap kerja sama. Nilai signifikan hasil belajar pada ujian paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman. Hasil penetian tersebut sesuai dengan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui pengaruh mendia konkret terhadap pemahaman siswa kelas IV materi bangian tumbuh-tumbuhan (Daun) dan fungsinya pada mata pembelajaran IPAS di SDN Sepulu 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tri Erowati, Maria. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV di SDN Sumberejo 01. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Karmon Sigalingging. 2009. Model Evaluasi Kreativitas Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. “Jurnal Pendidikan Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan” Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2075-2081. Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6613-6619.

Maryanto, Fransiska, Puspa, D., Kusumawati, H., & Subekti, A. (2017). Peristiwa Dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.Jakarta: Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Masriani, Dhafir, F., & Masrianih. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Lenju. Jurnal Kreatif Tadulako, 5(5), 33-44.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Karya Umum dan Ilmiah (Jurnal Tahsinia), 1(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Narayani, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 221-230.

Nelyza, F., & Attriani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (Jurnal DikMas), 1(1), 42-50.

Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 388-395. Santika, I. G., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212. doi:https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382

Sari, L. K., Sunanih, & Saleh, Y. T. (2021). Model Pembelajaran Berbasis proyek Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 113-117

Shoimah, R. N., & Syafi'aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma'arif NU Sukodadi-Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung

Alfabeta.Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 551-556.

Suryantari, N. M., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda JournalonEducation Volume06,No.01,September-Desember 2023,pp.7509-7516E-ISSN:2654-5497,P-ISSN:2655-1365 Website:http://jonedu.org/index.php/joe

Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 31–43. https://doi.org/10.31603/bedr.4792

Lestary, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Nyata Terhadap Hasil Belajar Ipa Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas Iv Sdn 41 Kaur. IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6422

Maylani, N., & Muhyani, M. (2020). Pengaruh Penerapan Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Prestasi Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 3 Mi Plus Al-Ihsan Kota Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 32. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.825

Navitasari, Y. A. (2019). Keefektifan Etnomatematika Melalui Benda Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iii Materi Pecahan. Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 3(2).

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan

Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6613-6619

Downloads

Published

2025-08-04