PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TOMAN KECAMATAN BABAT TOMAN

Authors

  • Desi Desmasari Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28484

Keywords:

Kata Kunci: Understanding by Design,Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Understanding by Design (UbD) terhadap pemahaman konsep IPAS Siswa Kelas IV SD sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran dengan subjek penelitian siswa (n=40). Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif menggunakan metode Quasi Ekperimen (ekperimen semu) dengan bentuk desain pada penelitian ini adalah one- grouppretestposttest .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa instrumen soal essay (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Uji normalitas,uji homogenitas,uji hipotesis. Data pemahaman konsep siswa dianalisis dengan uji Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk dengan (Sign) >0,05 kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas dinyatakan bahwa nilai signifikansi terhadap pemahaman konsep siswa yaitu didapatkan 0.187 artinya data bersifat homogen yaitu berasal dari varian yang sama karena nilai sig lebih besar dari 0,05. Kemudian dilanjutkan dengan data analisis menggunakan Independent sampel t-test pada aplikasi SPSS versi 26. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Understanding by Design mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.hasil uji hipotesis menunjukan nilai sign. (2-tailed) 0,001< 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan pernyataan ”Adanya Pengaruh Penerapan Pendekatan Understanding by Design (UbD) Tehadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 3 Toman Kecamatan Babat Toman’’.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ayurachmawati, P. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis proyek di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 410–416.

Apriliani, R., Nugraheni, T., & Wijayanti, A. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10.

Mazidah, N., & Sartika, A. (2023). Pembelajaran IPAS Berbasis Literasi Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Terpadu, 8(2), 75–83.

Mulyani, H. (2023). Model pembelajaran Understanding by Design untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal InovasiPembelajaran Dasar, 11(1), 190–200.

Praherdhiono, H. (2022). Panduan Praktis Implementasi Understanding by Design di Sekolah Dasar. Surabaya: Litera Edu.

Ramli, D. P., & Argaswari, N. (2023). Praktik Mengajar Understanding by Design bagi Calon Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 195–203.

Rahmawati, A., & Astuti, S. (2023). Analisis hasil belajar dari implementasi kerangka Understanding by Design (UbD). Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 45–49.

Suryani, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran IPS: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Wahyu Naldi, W., Gunawan, A. R., & Herman, T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding By Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 105–112.

Sutanto, E. (2024). Studi Kasus Penerapan Understanding by Design pada Pembelajaran Matematika Kelas V di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 59–67.

Nurjana, S., Mulyasari, E., & Rahman, G. A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui STEM dan UbD. Jurnal Sains dan Pendidikan, 6(2), 101–108.

Widodo, W., Astuti, D., & Purwanto, A. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Mukhtazar, M. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Hamzah, A. (2019). Metodologi Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Malang: Literasi Nusantara Abad

Downloads

Published

2025-08-03