PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU DI SD NEGERI 59 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28475Keywords:
Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Aku dan KebutuhankuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi aku dan kebutuhanku di SD Negeri 59 Palembang. Metodologi penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV A, yang diujicobakan pada tahap one to one, small group (skala kecil), skala besar. Berdasarkan penelitian bahwa telah dikembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi aku dan kebutuhanku di SD Negeri 59 Palembang yang telah dibuktikan melalui hasil skor penilaian ahli bahasa dengan persentase 88,8%, skor penilaian ahli materi sebesar 84,4%, skor penilaian media sebesar 90,1%. Dari penilaian validasi ahli maka bahan ajar LKPD berbasis Problem Based Learning dibuktikan dikategorikan sangat valid sedangkan untuk kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning dibuktikan bahwa dari angket tanggapan guru uji coba skala kecil diperoleh skor dengan persentase 93%, dan tanggapan guru pada uji coba skala besar diperoleh skor dengan persentase 97,8% dan angket respon peserta didik diperoleh skor dengan persentase 92,38%. Dari penilaian keppraktisan maka bahan ajar LKPD dikategorikan sangat praktis.Downloads
References
Anisatun, S., & Nafi'ah. (2018). Model model pembelaran bahasa indonesia di SD/MI. Depok,Sleman,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti et al. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Leraning Untuk VII SMP/MTS mata pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3.
Ayurachmawati , P., Oktavia, M., & Oktavia, D. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS D Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 54.
Hakim (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Gambar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar tema lingkungan muatan Bahasa Indonesia Kelas V SD Kecamatan Sakra Barat, (2022).
Lestari, R. (2023). Pengembangan media berbasis video pembelajaran IPAS materi permasalahan lingkungan di kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 18.
Muhid, A., & Estheriani, N. (2020). Pengembangan Kreativitas Berpikir Siswa Di Era Industri 4.0 Melalui Perangkat Pembelajran Dengan Media Reality Augmented Reality. Jurnal Ilmiah Psikologi, 123 & 124.
Novaliyosi, Yuhan, & Fortuna, 2021. Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning Untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.Jurnal Cendekia,1311.
Santoso, H., Sujarwanta, A., & Almansyuri, A. (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Pencemaran Lingkungan SMP Kelas VII . Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 4.
Septiana, A., & Asmara, A. (2023). Model pembelajaran Berkonteks Masalah. Bengkulu: Cv. Azka Pustaka.
Setiawan, Safrudin, & Hairani. (2022) Pengembangan LKPD berbentuk Cerita Gambar.
Sumargiyani, B. (2024). Pendampingan Pada Guru-guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan LKPD Berbasis Kearifan Lokal. Surya Abdimas, 395.
Sujarwo & Gusyanti,2021 Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Educational Research an Social Studie, 127
Wijayanti , S., Yuwono, M., & Setiyaningsih, A. (2022). Analisis Kelengakapan LKPD Sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 46.
Yuliandriati. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.
Zega, N. A., Gea, J. K., & Rosyid, R. (2023). Analisi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA DI SMP Negeri 1 Tuhemberua. Jurnal Review Penddikan dan Pengajaran, 2 dan 3.
Zulfiati, H., & Pawestri, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Journal Penididikan,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.