Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Ika Nurwulandari PGSD STKIP Muhammadiyah Blora
  • Kadi Sukarna Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28446

Keywords:

HOTS, matematika

Abstract

Pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi abad 21, menuntut manusia memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada dunia pendidikan, HOTS merupakan kemampuan berpikir peserta didk yang tidak hanya mengingat tetapi juga diharapkan untuk dapat mengembangkan ide. Penelitian deksriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengetahui kendala dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika peserta didk kelas V. Data tersebut dikumpulkan dengan memberikan tes uraian dan wawancara kepada 85 peserta didk. Hasil analisis PAP pada skor akhir tes menunjukkan seabanyak 45 peserta didk (53%) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Cukup. Bagian selanjutnya melalui analisis isi, hasil wawancara menunjukkan terdapat 53 peserta didk (62%) peserta didk mengalami kendala pada proses membuat/membentuk kalimat matematika. Bersumber pada hal tersebut dapat disimpulkan peserta didk kelas V SDN 1 Gondangrejo cenderung memiliki kemampuan berpikir HOTS cukup serta masih rendah dalam menajawab soal dengan ranah kognitif C6, sedangkan kendala peserta didk terdapat pada proses membuat/membentuk kalimat matematika. Simpulan yang diperoleh berimplikasi pada peningkatan kemampuan berpikir peserta didk tiap tingkat ranah kognitif melalui penilaian berbasis HOTS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiatin, A. L., & Oktiningrum, W. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jawa Timur Untuk Mengukur Penalaran Siswa SD. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3395

Anderson, L. W., Krathwohl M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. New York: Longman

Anggraini, N. P., Budiyono, & Pratiwi, H. (2019). Analysis Of Higher Order Thinking Skills Students at Junior High School in Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012077

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Eduthecnologica, 3(2), 136–144.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Hinger Other Thingking Skill in Your Classroom. Virginia: ASCD.

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Driana, E., & E. (2019). Teachers’ Understanding and Practices in Assessing Higher Order Thinking Skills at Primary Schools. Acitya: Journal of Teaching & Education, 8(5), 620–628.

Faridah, E. M. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 SIDOARJO. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3).

FJ, King., Ludwika, G., & Faranak, R. (2006). Higher Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment. In Thinking (Vol. 18). Educational Services Program

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing Higher-Order Thinking Skill (HOTS) Test Instrument Using Lombok Local Cultures As Contexts For Junior Secondary School Mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) di Sekolah Dasar. Conference Series, 1(1), 1–8. http://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14286

Hidayanti, D. N. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman Pada Siswa Kelas V SD. Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/46121/

Intan, F. M., & Kuntarto, E. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 6–10.

Kimberley, N. (2002). The Content Analysis Guidebook. In ProQuest Central (p. 320). http://www.amazon.com/Content-Analysis-Guidebook-Kimberly- Neuendorf/dp/0761919783/ref=sr_1_1?s=books&ie=UTF8&qid=1395675490&sr=1- 1&keywords=Content+analysis+guidebook+Neuendorf.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Murti, Wiyanto, & Hartono. (2018). Studi Komparasi antara Tes Testlet dan Uraian dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22469

Musrikah, M. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.339-360

Nugroho, R. (2018). HOT (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal- Soal). PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurhasanah, N., & Yarmi, G. (2018). Workshop Pengembangan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di SDN Beji 1 Depok Jawa Barat. Prossiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 523–528.

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers ’ Summative Assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 127–133.

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher- order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215– 230.

Saido, G. M., Siraj, S., Bakar, A., Nordin, B., Saadallah, O., Nhwhudpsl, X. P., & Orrp, G. E. (2015). Higher Order Thinking Skills among Secondary School Students in Science Learning. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 3(3), 13–20.

Downloads

Published

2023-09-30