Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Kelas V SD melalui Penerapan Strategi Numbered Heads Together (NHT)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28430Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Numbered Heads Together (NHT), Kooperatif LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi luas dan keliling bangun datar, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat tradisional. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas V SDN Cempaka Putih Timur 01 Pagi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari 82% pada siklus I menjadi 100% pada siklus III, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 75% menjadi 96%. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 84% pada siklus III, dengan rata-rata nilai akhir 82,84. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan penerapan model NHT dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna. Dengan demikian, model NHT efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.Downloads
References
Hadi, H. S., Faturyani, F., Marlina, M., Patty, E. N. S., & Iriyani, S. A. (2023). Students’ Mathematical Communication Ability In View From The Numbered Heads Together (Nht) Cooperative Learning Model Using The Open Ended Approach. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 374–385. Https://Doi.Org/10.29407/Jsp.V6i2.282
Jayantika, I. G. A. N. T., Ni Wayan, U. Y. A. S., & Komang Ayu, A. O. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Sman 1 Mengwi. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.59672/Emasains.V13i1.3428
Maharani, C., Ningrum, D. A., Fatmawati, A. E., & Fadilla, A. (2024). Dampak Kemiskinan Terhadap Kualitas Pendidikan Anak Di Indonesia: Rekomendasi Kebijakan Yang Efektif. Journal Of Macroeconomics And Social Development, 1(3), 1–10. Https://Doi.Org/10.47134/Jmsd.V1i3.199
Septiani, T. D., Taufik, M., & Jaya, M. P. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Smart Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 803–812. Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V10i2.3773
Wijayanti, R., & Aini, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Berbantuan Media Interaktif Berbasis Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Uptd Smp Negeri 1 Kokop. Eduinovasi: Journal Of Basic Educational Studies, 4(1), 149–162.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.