IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA KELAS RENDAH SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28428Keywords:
multisensory method, student engagement, early gradeAbstract
This study explores how the multisensory method is used in lower grade primary schools to boost student engagement. Early grade students learn best through concrete experiences seeing, hearing, touching, and moving. Through a literature review of journals from 2020-2025, the study found that this method helps students be more active and emotionally connected during lessons. It also supports children with learning difficulties like dyslexia. Still, its success depends on the teacher’s ability to design suitable and engaging activities.Downloads
References
Afiyanti, Yati. 2014. “PENGGUNAAN LITERATUR DALAM PENELITIAN KUALITATIF.” Jurnal Keperawatan Indonesia 9(1). doi:10.7454/jki.v9i1.157.
Amin, Zulkifli, Didin Hafidhuddin, Adian Husaini, and Edin Mujahid. 2016. “PENGARUH METODE QUANTUM UNTUK PEMBENTUKAN AHKLAK DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016.” 2(2).
Anwar, Sri Ekawati, and Harwintha Y. Anjarningsih. 2024. “Implementasi Pembelajaran Hybrid yang Mengadopsi Pendekatan Multisensori di Kelas Bahasa Inggris untuk Siswa Disleksia.” Jurnal Pendidikan Humaniora.
Fikrie, Fikrie, and Lita Ariani. 2019. “Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa Di Sekolah.” in Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Psikologi Pendidikan 2019. Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
Hendrina, Lea, Mohammad Syarif Sumantri, and Linda Zakiah. 2022. “Survey Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Animasi Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6822–27. doi:10.31004/basicedu.v6i4.2971.
Lestari, Dina, Khikmah Mijil Pawestri, Lina Yekti Oktiningtiyas, Rizky Yuliana Pratista, and Tia Sulistiani. 2025. “Penerapan Design Thinking dalam Merancang Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS Kelas III Sekolah Dasar.” Journal of Innovation and Teacher Professionalism 3(3):691–700. doi:10.17977/um084v3i32025p691-700.
Linda Zakiah. 2020. “Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 32(1):30–52. doi:10.21009/parameter.321.03.
Maysiska Ruci, Choirul Huda, and Sri Suneki. 2023. “IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):2808–22. doi:10.36989/didaktik.v9i2.948.
Nasuha, Sullamud Diyanah, Asrizal Wahdan Wilsa, and Ririn Andriani Kd. 2024. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI DENGAN BANTUAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR.” JGK (Jurnal Guru Kita) 8(2):376. doi:10.24114/jgk.v8i2.56381.
Nawawi, Muhammad Azhar, Arita Marini, Edwita Edwita, Durotul Yatimah, and Linda Zakiah. 2025. “Implementasi Nilai-nilai Filsafat Pendidikan dalam Mengemban Tugas Secara Profesional pada Guru Sekolah Dasar.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 10(1):817–24. doi:10.51169/ideguru.v10i1.1714.
Ruhaena, Lisnawati. 2015. “Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah.” Jurnal Psikologi 42(1):47. doi:10.22146/jpsi.6942.
Zakiah, Linda, and Arita Marini. n.d. “Teachers’ Strategies in Teaching Social Tolerance to Elementary School Students in Jakarta, Indonesia.”
Zakiah, Linda, Sarkadi Sarkadi, Arita Marini, Komarudin Komarudin, Asep Rudi Casmana, and Adistyana Pitaloka Kusmawati. 2023. “Implementation of Teaching Multicultural Values Through Civic Education for Elementary School Students.” Journal of Social Studies Education Research 14(1):110–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.