PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENDORONG MOTIVASI SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SDN 105375 SUKASARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28406Keywords:
interactive teaching materials, AI, learning motivation, mathematics, fractions.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktifberbasis Artificial Intelligence (AI) guna mendorong motivasi belajar siswa kelas IVSDN 105375 Sukasari pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) level 1 menurut Sugiyono, yang mencakup enam tahapan utama,yaitu: identifikasi potensi dan masalah, studi literatur, pengumpulan informasi,desain produk, validasi ahli, serta uji coba terbatas. Produk dikembangkanmenggunakan aplikasi Canva dengan dukungan fitur AI seperti Magic Write danMagic Animate dalam bentuk presentasi digital interaktif. Instrumen pengumpulandata berupa angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan teori HierarkiKebutuhan Abraham Maslow dan telah divalidasi oleh ahli dengan skor kevalidansebesar 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasibelajar yang signifikan setelah siswa menggunakan bahan ajar interaktif berbasisAI. Skor rata-rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar adalah50,12, termasuk dalam kategori “Kurang Baik”. Setelah penggunaan bahan ajar,skor rata-rata meningkat menjadi 91,66, masuk dalam kategori “Sangat Baik”.Peningkatan ini mencerminkan efektivitas bahan ajar dalam membangun rasapercaya diri, kenyamanan, serta semangat siswa dalam belajar matematika.Dengan demikian, bahan ajar interaktif berbasis AI terbukti efektif sebagaialternatif inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pecahan.Downloads
References
Penggunaan Metode
Steam Terhadap
Kemampuan Proses
Belajar Matematika
Sekolah Tingkat Dasar.
Jurnal Ilmu
Pendidikan(Jip), 110–114.
Nidawati. (2024). Penerapan
Motivasi Dalam Proses
Pebelajaran. Jurnal
Manajemen Dan Pendidikan
Agama Islam, 2(3), 317–326.
https://doi.org/10.61132/jmpai
.v2i3.388
Nisa, S. K., Yohanie, D. D., &
Darsono, D. (2024).
Pengembangan Bahan Ajar
Interaktif Berbantuan Aplikasi
Book Creator dengan Model
Problem Based Learning.
SJME (Supremum Journal of
Mathematics Education), 8(2),
265–282.
https://doi.org/10.35706/sjme.v
8i2.11553
Rahmi Amelia Amar, Dinda Yarshal.
(2023). Penerapan Model
Coperative Learning Tipe Time
Token Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa pada
Tema Daerah Tempat Tinggalku
di Kelas IV SD Negeri 101893
Bangun Rejo Kecamatan
17
Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi
Pendidikan, 2(1), 7891– 7897.
Sugiyono. (2022). Metode
Penelitian dan
Pengembangan (Research
and Development/R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I.
(2022). Determinan Kinerja
Auditor: Studi di Wilayah
Jakarta Selatan. Jurnal
Ekonomi Manajemen dan
Akuntansi, 18(1), 1858-1702.
Syahriani, S., & Sofyan, S. (2020).
Pengembangan Bahan Ajar
berbasis Komik Materi
Pteridophyta pada
Mahasiswa Pendidikan
Biologi UIN Alauddin
Makassar. Biodik, 6(2), 118–
132.
https://doi.org/10.22437/bio.v
6i2.8855.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.