PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENDORONG MOTIVASI SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SDN 105375 SUKASARI

Authors

  • Sindy Ramadhani Sindy universitas muslim nusantara al-washliyah
  • Safrida Napitupulu universitas muslim nusantara al-washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28406

Keywords:

interactive teaching materials, AI, learning motivation, mathematics, fractions.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktifberbasis Artificial Intelligence (AI) guna mendorong motivasi belajar siswa kelas IVSDN 105375 Sukasari pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) level 1 menurut Sugiyono, yang mencakup enam tahapan utama,yaitu: identifikasi potensi dan masalah, studi literatur, pengumpulan informasi,desain produk, validasi ahli, serta uji coba terbatas. Produk dikembangkanmenggunakan aplikasi Canva dengan dukungan fitur AI seperti Magic Write danMagic Animate dalam bentuk presentasi digital interaktif. Instrumen pengumpulandata berupa angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan teori HierarkiKebutuhan Abraham Maslow dan telah divalidasi oleh ahli dengan skor kevalidansebesar 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasibelajar yang signifikan setelah siswa menggunakan bahan ajar interaktif berbasisAI. Skor rata-rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar adalah50,12, termasuk dalam kategori “Kurang Baik”. Setelah penggunaan bahan ajar,skor rata-rata meningkat menjadi 91,66, masuk dalam kategori “Sangat Baik”.Peningkatan ini mencerminkan efektivitas bahan ajar dalam membangun rasapercaya diri, kenyamanan, serta semangat siswa dalam belajar matematika.Dengan demikian, bahan ajar interaktif berbasis AI terbukti efektif sebagaialternatif inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penggunaan Metode

Steam Terhadap

Kemampuan Proses

Belajar Matematika

Sekolah Tingkat Dasar.

Jurnal Ilmu

Pendidikan(Jip), 110–114.

Nidawati. (2024). Penerapan

Motivasi Dalam Proses

Pebelajaran. Jurnal

Manajemen Dan Pendidikan

Agama Islam, 2(3), 317–326.

https://doi.org/10.61132/jmpai

.v2i3.388

Nisa, S. K., Yohanie, D. D., &

Darsono, D. (2024).

Pengembangan Bahan Ajar

Interaktif Berbantuan Aplikasi

Book Creator dengan Model

Problem Based Learning.

SJME (Supremum Journal of

Mathematics Education), 8(2),

265–282.

https://doi.org/10.35706/sjme.v

8i2.11553

Rahmi Amelia Amar, Dinda Yarshal.

(2023). Penerapan Model

Coperative Learning Tipe Time

Token Untuk Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa pada

Tema Daerah Tempat Tinggalku

di Kelas IV SD Negeri 101893

Bangun Rejo Kecamatan

17

Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi

Pendidikan, 2(1), 7891– 7897.

Sugiyono. (2022). Metode

Penelitian dan

Pengembangan (Research

and Development/R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I.

(2022). Determinan Kinerja

Auditor: Studi di Wilayah

Jakarta Selatan. Jurnal

Ekonomi Manajemen dan

Akuntansi, 18(1), 1858-1702.

Syahriani, S., & Sofyan, S. (2020).

Pengembangan Bahan Ajar

berbasis Komik Materi

Pteridophyta pada

Mahasiswa Pendidikan

Biologi UIN Alauddin

Makassar. Biodik, 6(2), 118–

132.

https://doi.org/10.22437/bio.v

6i2.8855.

Downloads

Published

2025-08-04