IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SD NEGERI DOROMUKTI

Authors

  • Arizatun Khoirunnisa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi PGSD FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02`.28402

Keywords:

kegiatan ekonomi, media diorama, hasil belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar kelas V UPT SD Negeri Doromukti pada mata pelajaran IPAS melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi kegiatan ekonomi melalui penggunaan media diorama kegiatan ekonomi. Sebanyak 18 siswa kelas V UPT SDN Doromukti berpartisipasi menjadi subjek pada penelitian ini yang merupakan 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil observasi berupa data deskriptif untuk mengetahui keterlibatan atau aktivitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data tes berupa data kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan media diorama kegiatan ekonomi menghasilkan nilai rata-rata klasikal 57,77 pada siklus l, dengan sebanyak 7 siswa tuntas dan persentase ketuntasan klasikal (38,88%). Pada siklus ll terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 80 sebanyak 17 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal (94%). Penggunaan media diorama mampu mengoptimalkan hasil belajar terkhusus pada materi kegiatan ekonomi pelajaran IPAS kelas V UPT SDN Doromukti tahun ajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrayni, M., & Yulia Friska, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14504–14516.

Arik Umi Pujiastuti. (2021). Validitas Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tuban Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 82–99. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1 .15855

Dewi, C., & Astuti, N. W. (2025). PEREKONOMIAN DI DAERAHKU MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA KELAS 5 SDN 01 KLEGEN MADIUN PEREKONOMIAN DI DAERAHKU MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA KELAS 5 SDN 01 KLEGEN MADIUN. 3(5).

Hasan, T. B., & Nurfianti, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. HUBUNGAN PENGETAHUAN MAHASISWI PROGRAM STUDI KEPERAWATAN TENTANG FIBROADENOMA MAMAE (FAM) TERHADAP PERILAKU SADARI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK Tuty, 64(3), 3–7.

Husniah, R., & Ikrima, A. (2024). Pengajaran Prinsip-Prinsip Ekonomi dalam Pendidikan Dasar sebagai Upaya Menanamkan Jiwa Inovatif.

02(02), 1112–1117. Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lian, B., & Amiruddin. (2021). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan SDM Berkualitas di Era Disrupsi dan Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 12–15.

Marsithah, I., & Jannah, M. (2024). Pengembangan Modul Project IPAS berbasis Lingkungan dalam Kurikulum Merdeka pada Fase E. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(1), 50–63. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1 .16968

Marta, aeni. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 17(1), 22. https://doi.org/10.21009/sarwahit a.171.03

Mayuni, S., Hendracipta, N., & Ahmad, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Upaya Pelestarian Lingkungan Untuk Peserta Didik Di Sdn Pagintungan. Jurnal Holistika, 7(2), 147. https://doi.org/10.24853/holistika. 7.2.147-154

Niawati, K., & Reffiane, F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 215–224. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2 .235

PURWANINGSIH, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427.https://doi.org/10.51878/educator .v2i4.1929 Qomarudin, O. A., Stai, D., Had, M. ’,

Al-, A., & Malang, H. (2021). Aktivitas Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24–34.http://ejournal.staimaalhikam.ac.id/index.php/piwulang

Reksamunandar, R. P., Kahar, A. A. D. Al, Ardianto, & Wangi, M. (2020). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VI MI Plus Assalam Manado. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis, 2(1), 4045. http://ejournal.iainmanado.ac.id/index.php/tarsius

Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatrevi ew.v3i1.349

Selvia, N. L., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Konsep manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Journal on Education, 05(04), 1713617145.

Shofia, G. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATER SIKLUS AIR KELAS IV SD TIGA PUTRA KOTA KUPANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Siregar, T. H. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK), 2. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/791/532

Susanto, E., Aji, S., Wahyulihastuti, D., & Setiyoko, D. T. (2025). Peran Literasi Ekonomi dalam Kurikulum Pendidikan di Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur Sistematis. 9, 4902–4913.

Teni, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu AlQuran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229/633

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.

Ulfah, S. M. (2024). Meningkatkan Kreatifitas Guru Melalui Pembuatan Media Di Taman. 06(03), 16366–16375.

Utama, R. P. (2023). Analisis Metode Ceramah pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 15 Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.57251/ped.v3i .1146

Downloads

Published

2025-06-30