INOVASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KOMPETENSI GURU : STUDI KASUS DI SDN KEJAMBON 2 TEGAL

Authors

  • Nina Agustiana Universitas Negeri Semarang
  • Ellianawati Universitas Negeri Semarang
  • Barokah Isdaryanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28387

Abstract

Supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru. Namun, pendekatan supervisi yang bersifat formal dan kurang reflektif sering kali tidak memberikan dampak yang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, SDN Kejambon 2 melakukan berbagai inovasi dalam pelaksanaan supervisi pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi guru. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi supervisi pendidikan yang diterapkan di SDN Kejambon 2 serta dampaknya terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi digital, supervisi berbasis coaching dan refleksi, serta pelaksanaan lesson study mini mampu meningkatkan efektivitas supervisi. Inovasi-inovasi tersebut mendorong keterlibatan aktif guru, memperkuat budaya reflektif, dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa supervisi yang inovatif perlu diadopsi lebih luas sebagai strategi pembinaan profesional guru yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. J. A. P. (2025).

Pengaruh Supervisi berbasisi

Refleksi dan Coaching terhadap

Peningkatan Kompetensi Guru :

Studi Kasusu di MTsN 3 Siak.

Indonesian Research Journal on

Education, 5(3), 290–296.

Addini, A. F., Husna, A. F.,

Damayanti, B. A., Fani, B. I.,

Nihayati, C. W. N. W.,

Daniswara, D. A., Susanti, D. F.,

Imron, A., & Rochmawati, R.

(2022). Konsep Dasar Supervisi

Pendidikan. Jurnal Wahana

Pendidikan, 9(2), 179.

Ahmad, D. Z., Gunawan, A., Suryana,

A., Suherni, E. S., & Mulyani, S.

(2023). Pelaksanaan Supervisi

Pendidikan dalam Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran. Studia

Manageria: Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam, 5(2), 73–84.

Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak,

S. (2022). Supervisi Akademik

Dan Supportive Dalam

Pendidikan Untuk Meningkatkan

Mutu Pendidikan. Jurnal

Manajemen Pendidikan Dan Ilmu

Sosial, 3(2), 884–894.

Artanti, A., Ramadhani, N. D.,

Rahmawati, S., & Rizqa, M.

(2024). Peran Kepala Sekolah

Sebagai Supervisor Dalam

Meningkatkan Mutu

Pendidikan. OPTIKA: Jurnal

Pendidikan Fisika, 8(2), 321-333.

Hassanah, I., Pratidina, I., Untari, S.,

Sumardjoko, B., & Ati, E. F.

(2024). Peran Supervisi dalam

Pelaksanaan Kurikulum untuk

Meningkatkan Kualitas

Pendidikan. Didaktika: Jurnal

Kependidikan, 13(2), 2119-2130.

Hidayah, N., Maulana, M., & Fathoni,

A. (2021). Penerapan Supervisi

Akademik melalui Coaching dan

Mentoring dalam Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran Guru.

Jurnal Supervision, Vol 1(1),

1–12.

Jacqueline, J., & Mulyanti, D. (2024).

Peran Supervisi Pendidikan

dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan di Era Digital. Journal

of Comprehensive Science

(JCS), 3(7), 2385–2389.

Kemendikbud. (2023). Peraturan

Direktur Jenderal Guru Dan

Tenaga Kependidikan tentang

Petunjuk Teknis Pengelolaan

Kinerja Guru dan Kepala

Sekolah. Kementerian

Pendidikan, Kebudayaan, Riset,

Dan Teknologi.

Muhajirah, B., Rahman, D., & Nursita,

L. (2023). Problematika Dalam

Pelaksanaan Supervisi

Pendidikan. Nazzama: Journal of

Management Education, 3(1),

84–96.

Muspawi, M. (2021). Strategi

peningkatan kinerja guru. Jurnal

Ilmiah Universitas Batanghari

Jambi, 21(1), 101-106.

Nabila, M. N., & Haq, M. S. (2021).

Peran Kepala Sekolah Sebagai

Supervisor Akademik Dalam

Memperbaiki Kompetensi

Profesional Guru Di Masa

Pandemi Covid-19. Jurnal

Inspirasi Manajemen Pendidikan,

9 (5), 1257.

Nafis, D. A., Suryana, A., & Rayahsih,

Y. (2024). Pengaruh Supervisi

Kolaboratif Terhadap Kinerja

Mengajar Guru : Alternatif

Akselerasi Peningkatan Kualitas

Pembelajaran. 13(001),

549–564.Nasution, I., Hayati, I., Anggara, A.

B., Sagala, C., Hartina, D., Mtd,

N. P., & Putra, T. J. (2022).

Implementasi Supervisi

Pendidikan Disekolah SMP

Negeri 2 Binjai. Indonesian

Gender and Society

Journal, 3(1), 7-12.

Nurhofipah Hutabarat, Rozi Tasari, S.

(2024). Supervisi pendidikan:

konsep dasar, tujuan, fungsi,

urgensi, ruang lingkup, dan

pendekatan. Jurnal Studi

Multidisipliner, 8(6), 245–253.

Qamaruzzaman, M., Setiawan, E.,

Hanifah, E., Chairiyah, S. S., &

Warman, W. (2024).

Implementasi supervisi akademik

berbasis digital. Literasi: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 15(2), 141-151.

Rahmadani, L., Muspawi, M., &

Rahman, K. A. (2025). TEKNIK

OBSERVASI, EVALUASI, DAN

UMPAN BALIK DALAM

SUPERVISI

PENDIDIKAN. JURNAL

MADINASIKA Manajemen

Pendidikan dan Keguruan, 6(2),

118-125.

Rosita, B., & Hariyati, N. (2021).

Pelaksanaan Lesson Study

Guna Kualitas Pembelajaran

dalam Perspektif Peer

Supervision. Jurnal Inspirasi

Manajemen Pendidikan, 9(3),

673–688.

Rukmini, N. M. (2023). Penerapan

Supervisi Pembelajaran Berbasis

Lesson Study di SMP Negeri 3

Cililin Tahun Pelajaran

2023/2024. Kinanti : Jurnal Karya

Insan Pendidikan Terpilih, 1(1),

108–123.

Sabariah, Hartono, Zainurah, L. L.

(2024). Budaya Sekolah dalam

Mendorong Pembinaan Guru.

Thawalib | Jurnal Kependidikan

Islam, 5(1), 55–66.

Sari, F., & Atikah, C. (2024).

Implementasi Supervisi Guru

Sekolah Dasar Sebagai Kunci

Penjaminan Mutu

Pendidikan. Pendas: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4),

119-139.

Syofian, S., Waruwu, M., & Enawaty,

H. E. (2024). Implementasi

Supervisi Pendidikan di Sekolah

Dasar dan Dampaknya terhadap

Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Indonesia

(JPPI), 4(4), 1777-1787.

Zuliazani, B. A., Miyono, N., &

Wuryandini, E. (2024). Peran

Kepala Sekolah Sebagai

Supervisor Literasi di Sekolah

Dasar Negeri 1 Kebumen

Kabupaten Kendal. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 9(3), 321-329.

Downloads

Published

2025-08-03