INOVASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KOMPETENSI GURU : STUDI KASUS DI SDN KEJAMBON 2 TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28387Abstract
Supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru. Namun, pendekatan supervisi yang bersifat formal dan kurang reflektif sering kali tidak memberikan dampak yang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, SDN Kejambon 2 melakukan berbagai inovasi dalam pelaksanaan supervisi pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi guru. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi supervisi pendidikan yang diterapkan di SDN Kejambon 2 serta dampaknya terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi digital, supervisi berbasis coaching dan refleksi, serta pelaksanaan lesson study mini mampu meningkatkan efektivitas supervisi. Inovasi-inovasi tersebut mendorong keterlibatan aktif guru, memperkuat budaya reflektif, dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa supervisi yang inovatif perlu diadopsi lebih luas sebagai strategi pembinaan profesional guru yang berkelanjutan.Downloads
References
Abdullah, M. J. A. P. (2025).
Pengaruh Supervisi berbasisi
Refleksi dan Coaching terhadap
Peningkatan Kompetensi Guru :
Studi Kasusu di MTsN 3 Siak.
Indonesian Research Journal on
Education, 5(3), 290–296.
Addini, A. F., Husna, A. F.,
Damayanti, B. A., Fani, B. I.,
Nihayati, C. W. N. W.,
Daniswara, D. A., Susanti, D. F.,
Imron, A., & Rochmawati, R.
(2022). Konsep Dasar Supervisi
Pendidikan. Jurnal Wahana
Pendidikan, 9(2), 179.
Ahmad, D. Z., Gunawan, A., Suryana,
A., Suherni, E. S., & Mulyani, S.
(2023). Pelaksanaan Supervisi
Pendidikan dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran. Studia
Manageria: Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, 5(2), 73–84.
Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak,
S. (2022). Supervisi Akademik
Dan Supportive Dalam
Pendidikan Untuk Meningkatkan
Mutu Pendidikan. Jurnal
Manajemen Pendidikan Dan Ilmu
Sosial, 3(2), 884–894.
Artanti, A., Ramadhani, N. D.,
Rahmawati, S., & Rizqa, M.
(2024). Peran Kepala Sekolah
Sebagai Supervisor Dalam
Meningkatkan Mutu
Pendidikan. OPTIKA: Jurnal
Pendidikan Fisika, 8(2), 321-333.
Hassanah, I., Pratidina, I., Untari, S.,
Sumardjoko, B., & Ati, E. F.
(2024). Peran Supervisi dalam
Pelaksanaan Kurikulum untuk
Meningkatkan Kualitas
Pendidikan. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, 13(2), 2119-2130.
Hidayah, N., Maulana, M., & Fathoni,
A. (2021). Penerapan Supervisi
Akademik melalui Coaching dan
Mentoring dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran Guru.
Jurnal Supervision, Vol 1(1),
1–12.
Jacqueline, J., & Mulyanti, D. (2024).
Peran Supervisi Pendidikan
dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di Era Digital. Journal
of Comprehensive Science
(JCS), 3(7), 2385–2389.
Kemendikbud. (2023). Peraturan
Direktur Jenderal Guru Dan
Tenaga Kependidikan tentang
Petunjuk Teknis Pengelolaan
Kinerja Guru dan Kepala
Sekolah. Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
Dan Teknologi.
Muhajirah, B., Rahman, D., & Nursita,
L. (2023). Problematika Dalam
Pelaksanaan Supervisi
Pendidikan. Nazzama: Journal of
Management Education, 3(1),
84–96.
Muspawi, M. (2021). Strategi
peningkatan kinerja guru. Jurnal
Ilmiah Universitas Batanghari
Jambi, 21(1), 101-106.
Nabila, M. N., & Haq, M. S. (2021).
Peran Kepala Sekolah Sebagai
Supervisor Akademik Dalam
Memperbaiki Kompetensi
Profesional Guru Di Masa
Pandemi Covid-19. Jurnal
Inspirasi Manajemen Pendidikan,
9 (5), 1257.
Nafis, D. A., Suryana, A., & Rayahsih,
Y. (2024). Pengaruh Supervisi
Kolaboratif Terhadap Kinerja
Mengajar Guru : Alternatif
Akselerasi Peningkatan Kualitas
Pembelajaran. 13(001),
549–564.Nasution, I., Hayati, I., Anggara, A.
B., Sagala, C., Hartina, D., Mtd,
N. P., & Putra, T. J. (2022).
Implementasi Supervisi
Pendidikan Disekolah SMP
Negeri 2 Binjai. Indonesian
Gender and Society
Journal, 3(1), 7-12.
Nurhofipah Hutabarat, Rozi Tasari, S.
(2024). Supervisi pendidikan:
konsep dasar, tujuan, fungsi,
urgensi, ruang lingkup, dan
pendekatan. Jurnal Studi
Multidisipliner, 8(6), 245–253.
Qamaruzzaman, M., Setiawan, E.,
Hanifah, E., Chairiyah, S. S., &
Warman, W. (2024).
Implementasi supervisi akademik
berbasis digital. Literasi: Jurnal
Ilmu Pendidikan, 15(2), 141-151.
Rahmadani, L., Muspawi, M., &
Rahman, K. A. (2025). TEKNIK
OBSERVASI, EVALUASI, DAN
UMPAN BALIK DALAM
SUPERVISI
PENDIDIKAN. JURNAL
MADINASIKA Manajemen
Pendidikan dan Keguruan, 6(2),
118-125.
Rosita, B., & Hariyati, N. (2021).
Pelaksanaan Lesson Study
Guna Kualitas Pembelajaran
dalam Perspektif Peer
Supervision. Jurnal Inspirasi
Manajemen Pendidikan, 9(3),
673–688.
Rukmini, N. M. (2023). Penerapan
Supervisi Pembelajaran Berbasis
Lesson Study di SMP Negeri 3
Cililin Tahun Pelajaran
2023/2024. Kinanti : Jurnal Karya
Insan Pendidikan Terpilih, 1(1),
108–123.
Sabariah, Hartono, Zainurah, L. L.
(2024). Budaya Sekolah dalam
Mendorong Pembinaan Guru.
Thawalib | Jurnal Kependidikan
Islam, 5(1), 55–66.
Sari, F., & Atikah, C. (2024).
Implementasi Supervisi Guru
Sekolah Dasar Sebagai Kunci
Penjaminan Mutu
Pendidikan. Pendas: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4),
119-139.
Syofian, S., Waruwu, M., & Enawaty,
H. E. (2024). Implementasi
Supervisi Pendidikan di Sekolah
Dasar dan Dampaknya terhadap
Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Indonesia
(JPPI), 4(4), 1777-1787.
Zuliazani, B. A., Miyono, N., &
Wuryandini, E. (2024). Peran
Kepala Sekolah Sebagai
Supervisor Literasi di Sekolah
Dasar Negeri 1 Kebumen
Kabupaten Kendal. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 9(3), 321-329.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.