PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP PENGETAHUAN AKAN GIZI SEIMBANG DAN PENCEGAHAN GIZI BURUK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28317Keywords:
Differentiated Learning, Critical Thinking, Academic AchievementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan teka-teki silang (TTS) terhadap peningkatan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang dan upaya pencegahan gizi buruk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang mengukur pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media TTS. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai p < 0,001. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media TTS efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang. Media ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media permainan TTS dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran gizi di sekolah.Downloads
References
Almatseir, S., Soetardjo, S., & Soekarti, M. (2011). Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan.
Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436
Hanifah, E. (2011). Cara Hidup Sehat.
Huzain, H. (2021). PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA.
Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. 7.
Khalilullah, M., & Ma, S. A. (t.t.). PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MUFRADAT).
Krisnansari, D. (2010). Nutrisi dan Gizi Buruk.
Litaay, C., Paotina, M., Elisanti, E., Agus, P. P., Permadhi, I., Puspasari, G., Hidayat, M., Priyanti, E., & Darsono, L. (2021). Kebutuhan Gizi Seimbang.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of Game-Based Learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1122533
Prima Rias Wana. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100–107. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.207
Roring, N. M., Posangi, J., & Manampiring, A. E. (2020). Hubungan antara pengetahuan gizi, aktivitas fisik, dan intensitas olahraga dengan status gizi. Jurnal Biomedik:JBM, 12(2), 110. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29442
Siti Nurjanah & Sumarmi. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA CITA-CITAKU KELAS IV DI MI AL BUSYRO. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1),
31–42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif.
Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG: MENCIPTAKAN KELAS YANG MENYENANGKAN. Ta’dib, 21(2), 87. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232
Wahyudi, B. F., & Indarwati, R. (2015). ANALISIS FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN KASUS GIZI BURUK PADA BALITA. 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.