STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA PELAJARAN AGAMA KATOLIK

Authors

  • Micell Aprilia Purba Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Delitua
  • Erikson Simbolon Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Delitua

Keywords:

Teacher Strategies, Differentiated Instruction, Catholicism

Abstract

Pentingnya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Agama Katolik dalam menerapkan pembelajaran diferensisasi di Sekolah Menengah Atas dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan auditory, visual, dan kinestetik sehingga menghasilkan peserta didik yang memahami agama katolik. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui strategi guru dalam menerapkan pembelajaran diferensisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi ditambah dengan sumber-sumber relevan buku, artikel jurnal dan karya ilmiah terkait. Proses penelitian dimulai dengan observasi yaitu turun ke lapangan pelaksanaan penelitian untuk memperoleh gambaran terkait dengan pembelajaran diferensiasi. Wawancara dilakukan untuk menguatkan temuan observasi untuk mendukung kelengkapan data. Dokumentasi yakni mengumpulkan dokumen pendukung terkait dengan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi mulai dari modul ajar dan materi pembelajaran. Tempat penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Katolik Santo Yoseph Medan. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran, rekan guru, dan peserta didik. Temuan penelitian ini adalah guru pendidikan agama katolik telah menerapkan pembelajaran diferensiasi melalui diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Dalam diferensiasi konten guru menyiapkan materi sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Dalam diferensiasi proses guru melaksanakan pembelajaran seesuai dengan gaya belajar yang telah diperoleh. Dalam diferensiasi produk guru menemukan hasil belajar melalui evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Ade Sintia Wulandari. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Amalia Adhandayani, S.Psi., M. S. (2020). Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 147–154. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Arafa, I. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(04), 808–816.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Bilantua, A., Panigoro, M., & ... (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu …, 10(January), 439–448. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/2422%

0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/download/2422/1676

Danuri S.B. Waluyo Sugiman Y.L. Sukestiyarn. (2023). Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Sekolah Dasar Inklusif.

Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(1), 29–42. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.72

Dhahana Aris Saputra, Aryo Andri, & Joko Sulianto. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1570–1582. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1749

Djanuarius, W. Mau Kura1, A. Y. M. (2023). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Djanuarius. 3(November), 104–115.

Farid, I. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91.

Nuraini, N., & Ramadan, Z. H. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.570

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Olii, R., Bala, Y., & Paso, M. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi. Journal of Education and Culture (JEaC), 2(1), 81–91.

Patonah, I., Sambella, M., & Az-Zahra, S. M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Kombinasi (Mix Method). Pendas: Jurnal Ilmiah …, 08(1989), 5378–5392. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11671

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Pratiwi, S., Perangin, B., Affan, S., & Syahfitri, D. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Pembelajaran Akhlak di Era Covid-19 di Kelas X MAS Jam ’ iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Analysis of Teacher Strategies in Increasing Students ’ Active Roles in Learning Akhlak in the Covid-19. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 528–543.

Rachmawati, I. N. (2020). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Indonesian Journal of Nursing, 11(1), 35–40.

Sergius Lay, Atanasius Arianto Halawa, & Paulinus Kanisius Ndoa. (2024). Strategi Paikem Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 2(2), 210–220. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i2.345

Setiawan, A., Andani, C., Prawanti, D. A., & Destiana, F. (2024). Analisis assessment dalam strategi Pembelajaran Diferensiasi kelas XI di SMK Negeri 51 Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 13, 643–650.

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 57–66.

Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan Wahyudin. MidSens’09 - International Workshop on Middleware Tools, Services and Run-Time Support for Sensor Networks, Co-Located with the 10th ACM/IFIP/USENIX International Middleware Conference, 1–6. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193

Downloads

Published

2025-07-09