Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pendidikan di SD Negeri Sakerta Barat

Authors

  • Nurul Amelia Hikmah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Widi Melani Putri Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Adisha Zahraningrum Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Clarisa Dara Pratama Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Sindi Aprilia Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Agatha Kristi Pramudika Sari Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28255

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Pendidikan, Sekolah Dasar, Mutu Pendidikan, Strategi Kepemimpinan

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis kepala sekolah dalam manajemen pendidikan serta tantangan dan strategi yang diterapkan dalam konteks kepemimpinan pada saat ini. Melalui telaah literatur dari berbagai jurnal ilmiah terbaru tahun 2023–2024, ditemukan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pemimpin instruksional, manajer administratif, pembina sumber daya manusia, dan pemimpin visioner. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan anggaran, rendahnya partisipasi orang tua, disparitas kualitas guru, perubahan kurikulum, dan keterbatasan teknologi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, kepala sekolah perlu menerapkan strategi seperti perencanaan berbasis data, peningkatan kompetensi guru, penguatan budaya sekolah, kolaborasi dengan stakeholder, dan pemanfaatan teknologi pendidikan. Hasil kajian ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang adaptif, kolaboratif, dan visioner dalam mewujudkan pendidikan dasar yang berkualitas dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni Puspita. (2023). Perencanaan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) Di SMA Negeri 13 Surabaya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 177–186. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1396

Bahriatul Ilmi, Ummi Latifah, Hanivia Cindy, A., & Windasari, W. (2024). Proses Evaluasi Kinerja Guru Di SMP Negeri 47 Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 111–118. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.228

Calam, A., Marhamah, A., & Nazaruddin, I. (2020). Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8526

Gustiana, E., & Kristi Pramudika Sari, A. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 199–204. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2180

Hajar Dilla, S. A., Asqia, N., & Musakkir, H. (2024). Efektifitas Kerja sama Antara Pihak Sekolah dan Puskesmas Dalam Pemberian Layanan Kesehatan di Taman Kanak-kanak. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 2(1), 194–205.

Hulkin, M., & Shaleh, S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia pada Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1313–1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814

Mukhlisin, A., Hartinah, S., & Sudibyo, H. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(1), 545–553. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/859/482

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78–86.

Prasetya, D. B., Radiana, U., Junanto, T., & Mening, H. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Kristen Bukit Pengharapan Kabupaten Sanggau. Multiverse, 1(2), 51–58.

Qarasyi, A. Q., Habibah, S., & Mus, S. (2021). Implementasi Rencana Kerja Tahunan Sekolah Dasar di Era New Normal. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 110–116. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p110-116

Ratnawulan, T., Ardiana, L., jajang Rusmana, Kusmiyati, N., & Yuningsih, Y. (2023). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Implementasi di Satuan Pendidikan Tingkat Dasar. (M. Hidayat (ed.)). Pusat Pengembangan Pendidikandan Penelitian Indonesia.

Riyanik, Wuryandini, E., & Nurkolis. (2024). Peran Komite Sekolah dalam Pembiayaan Pendidikan di SDIT Al Manan Boyolali. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2823–2834.

Saleh, Y. Y. S., & Arifiani, B. F. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8883 ISSN

Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2020). Penggunaan Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Mengembangkan Multimedia TAVAGIS Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 213–220. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.3309

Simamora, R., Hayati, R., Abni, A., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Pengembangan model kemitraan sekolah dan orangtua pada sekolah menegah atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 8(1), 10. https://doi.org/10.23916/083345011

Sugiyanto, & Prabowo, A. (2024). Refleksi Diri Guru Dan Pengawasan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. 1–23. https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15440

Sulistiyarini, E., Hartinah, S., & Purwanto, B. E. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3888–3901. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1514

Downloads

Published

2025-07-11