Persepsi Guru mengenai Pembelajaran P5 sebagai Pembentukan Sikap Berkebhinekaan Global dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Dara Suci Salsabila Universitas Jambi
  • Reysa Nabilla Universitas jambi
  • Jufita Indryani Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Proyek P5, Karakter Berkebhinekaan Global, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana persepsi guru mengenai penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membangun sikap berkebhinekaan global pada anak usia dini di TK Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan kepada empat orang guru. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa para guru memahami arti berkebhinekaan global sebagai upaya untuk menanamkan sikap toleransi, empati, dan penerimaan perbedaan pada anak sejak usia dini. Tema P5 yang diangkat adalah "Dolanan" dengan mengenalkan berbagai permainan tradisional dari berbagai wilayah, seperti engklek, congklak, ular tangga, patok lele, gobak sodor, dan lompat tali. Kegiatan ini dilaksanakan secara kerja sama antara guru, anak, dan orang tua.  P5 terbukti memberikan dampak positif dalam menumbuhkan sikap berkebhinekaan global. Seperti meningkatnya rasa percaya diri, kemampuan berinteraksi, serta tumbuhnya sikap sosial yang lebih terbuka dan kerja sama yang baik. Anak-anak yang awalnya pemalu dan cenderung menyendiri mulai menunjukkan perilaku saling menghormati, berbagi, dan sabar menunggu giliran. Hubungan sosial antar teman juga menjadi lebih harmonis tanpa memandang perbedaan latar belakang suku maupun budaya.

 

Kata Kunci: P5, Berkebhinekaan Global, Anak usia dini

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358.

Asih, S. W., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 150-160.

Asmah, A., & Supatmijati, S. (2024) Efektivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di TK PKK Kota Batu. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 248-259.

Atmaji, T. (2019, September). Media pembelajaran interaktif melalui permainan tradisional untuk memperkuat pendidikan karakter. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Damayanti, A., Rindriani, P., Aulia, F., Girsang, T., Harianja, S. I., & Utami, W. S. (2024). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI TK PERTIWI 1 KOTA JAMBI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6749-6757.

Damayanti, S. N., Tiaraningrum, F. H., Nurefendi, J., & Lestari, E. Y. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal Bina Desa, 5(1), 39-44.

Darmayanti, D. P., Manda, D., & Arifin, I. (2024). KEARIFAN LOKAL DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PROGRAM P5 DI POLEWALI MANDAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 237-251.

Gani, R., Tria, B., Mahmuda, T., Nabila, Y., & Harianja, S. I. (2024). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK DHARMA WANITA MENDALO DARAT. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6207-6214.

Haryanti, A., Sumardi, L., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2025). UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBINA KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 6 MATARAM. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(10), 7791-7800.

Hasni, U., Simaremare, T. P., Taufika, R., Amanda, R. S., Indryani, I., & Yantoro, Y. (2024). Profil pelajar pancasila pada anak usia dini sebagai wujud pendidikan karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 61-72.

Jannah, F. R., Hardiyati, M., & Misbah, M. (2024). Penguatan Dimensi Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila di SD NU Master (Masyitoh Terpadu). MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 4(2), 149-156.

Maulana, S., Ajijah, N., Prasetyo, T., & Kurniawan, I. (2024). Persepsi Guru Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (P5) di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 204-213.

Muttaqin, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SMAN 2 Tanggul. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 4(1), 32-42.

Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong berdasarkan modul P5. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 118-125.

Nur, M., Hidayat, A., & Sari, N. (2022). Persepsi Guru terhadap Pendidikan Multikultural di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6208-6214.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Pangaribuan, T., Harianja, S. I., Vidri, N., Saniati, S., & Aszari, S. A. (2025). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 591-598.

Ramadani, R., Stiati, C., & Luke, M. W. (2020, December). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Menggunakan Media Online Terhadap Anak ADHD di Masa Pandemi COVID-19. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 015-120).

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120-134.

Rohman, M. F., Irmaningrum, R. N., & Kharisma, A. I. (2024). Analisis Dimensi Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap Fenomena Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 467-478.

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 63-76.

Santoso, A. B., Aminullah, A. F., Putri, M., & Mas' odi, M. O. (2024). Menggali Prestasi Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa: Kolaborasi Orang Tua dan Guru. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(2), 148-157.

Sari, D. A. M., & Kurniawan, D. (2024). Pentingnya Pengenalan

Permainan Tradisional dalam Menanamkan Nilai Karakter dan Budaya. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 83-92.

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, A., Sekarwulan, K., & Harjatanaya, T. Y. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Edisi Revisi). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Simanjuntak, A. V. Y., Apriliana, K., Murni, K., EF, D. F., Harianja, S. I., & Utami, W. S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Aisyiah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 7(1), 204-213.

Sitorus, A. S. (2017). Pendidikan Multikultur Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Ijtimaiyah Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1).

Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416-4423.

Wulandari, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional “Gempuran”. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56-63.

Yuzianah, D., Darmono, P. B., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada kurikulum merdeka pada jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2),66-73.

Downloads

Published

2025-07-09