STRATEGI PRODUKSI KONTEN FEED PADA AKUN INSTAGRAM @BPIKEMENDES DI KEMENTRIAN DESA DAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL RI

Authors

  • Luthsya Artvi Dasniar IPB University
  • David Rizar Nugroho Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28103

Keywords:

Social media, content production, production strategy

Abstract

This study aims to describe the strategy of BPI Kemendes staff in the production of feed content on social media @bpikemendes. The method used is descriptive qualitative with primary data obtained through observation and interviews with BPI Kemendes staff. The results showed that BPI Kemendesa staff implemented several strategies in the production process of making feed content on Instagram social media. The strategies carried out are in the form of agenda setting planning in content creation and utilization of artificial intelligence-based websites in content creation. This study concludes that the application of planned strategies and the utilization of technology play an important role in the creation of social media content.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi staf BPI Kemendes dalam produksi konten feed pada media sosial @bpikemendes. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan staf BPI Kemendes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Staf BPI Kemendesa menerapkan beberapa strategi dalam proses produksi pembuatan konten feed di media sosial Instagram. Strategi yang dilakukan berupa perencanaan agenda setting dalam pembuatan konten dan pemanfaatan website berbasis artificial intelligence dalam pembuatan konten. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi yang terencana dan pemanfaatan teknologi berperan penting dalam penciptaan sebuah konten media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina AN. 2024. Perubahan Pola Hubungan Masyarakat-Pemerintah Refleksi Atas Penanganan Aduan Publik Melalui Media Sosial di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Karya Dharma, 3(1).

Anggraini S, & Maulida D. 2023. Optimalisasi Peran Humas Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Era Digitalisasi sebagai Upaya Mewujudkan Transparansi Informasi Publik. Jurnal Studi Multidisiplin Ilmu, 1(2).

Efendi E, Raefaldhi M, & Al Farisi MS. 2024. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Berdakwah. Da'watuna Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 4(1).

Fauziah INN, Saputri SA, & Herlambang YT. 2024. Teknologi informasi Dampak media sosial pada perubahan sosial masyarakat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. 5(1).

Fitrianingsih B, & Kholik A. 2021. Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan dalam Membangun Citra Positif melalui Instagram. AGUNA Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(2).

Hartiningrum N, & Amilia DL. 2025. Komunikasi Interpersonal pada Media Sosial Instagram. Prosding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM). 3(1).

Nurlela N, Agustang A, Oruh S, & Jumadi J. 2024. Implikasi Media Sosial Instagram (Studi Kasus Kaum Muda Mudi di Desa Lakawali). Innovative Journal Of Social Science Research, 4(1).

Putra RA, & Iskandar D. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations.

Zaini MS, & Nugraha J. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran

Downloads

Published

2025-07-08