Analisis Preferensi Gaya Belajar Siswa Kelas V dan Implikasinya terhadap Efektivitas Metode Pembelajaran
penelitian fenomenologi kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28066Keywords:
Learning Styles (VAK), eaching Methods, Learning Effectiveness, Fifth-Grade Students, Differentiated InstructionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi gaya belajar siswa kelas V SDN Johar Baru 19 Pagi dan implikasinya terhadap efektivitas metode pengajaran. Mengingat setiap siswa memiliki cara yang unik dalam menyerap informasi, pemahaman tentang gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (VAK) sangat penting bagi para pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi interpretatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif di kelas, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, dan analisis dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V memiliki preferensi gaya belajar yang jelas dan beragam. Ditemukan korelasi positif yang signifikan antara keselarasan metode pengajaran dengan preferensi belajar siswa dan tingkat keterlibatan, motivasi, dan pemahaman mereka. Sebaliknya, ketidakselarasan metode menyebabkan penurunan fokus, kebosanan, dan pemahaman yang rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adaptasi metode pengajaran oleh pendidik untuk mengakomodasi keragaman gaya belajar siswa merupakan faktor kunci dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan memaksimalkan potensi akademik setiap individu.Downloads
References
Lestari, F., & Sugihartini, N. (2023). Penyesuaian Strategi Pembelajaran dengan Gaya Belajar untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 112-125.
Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.