STRATEGI PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN INFORMAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI LUAR SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27965Keywords:
Pengendalian Mutu Pendidikan, Pendidikan Informal, Pembelajaran Pendidikan Agama IslamAbstract
Pendidikan informal berperan penting dalam membentuk karakter religius peserta
didik, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di luar
sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep dasar pendidikan
informal, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan
strategi pengendalian mutu yang efektif. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif
melalui studi pustaka, ditemukan bahwa pendidikan informal yang berpusat pada
keluarga dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap internalisasi nilai
keagamaan. Faktor pendukung meliputi peran orang tua, budaya lokal religius,
dan pemanfaatan media digital. Adapun hambatannya adalah kurangnya
standarisasi, evaluasi, fasilitas, dan pengaruh lingkungan negatif. Strategi
pengendalian mutu meliputi penguatan peran keluarga, kurikulum kontekstual,
komunitas keagamaan, dan evaluasi berbasis komunitas.
Downloads
References
AF, M Alwi, Khoirunnisa Nurfadilah, and Cecep Hilman. 2022. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2 (2): 90–95.
Darlis, Ahmad. 2017. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24 (1): 86.
Kaimuddin, Kaimuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11 (1): 132–52.
Kusmiran, Kusmiran, Ilyas Husti, and Nurhadi Nurhadi. 2022. “Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Dalam Desain Hadits Tarbawi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 485–92.
Mustamiin, M. Zainal. 2023. “PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar” 1 (2): 55–64.
Salamah. 2020. “SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme INDUSTRI 4 . 0 ( STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 KERINCI JAMBI ) Salamah STIE Sakti Alam Kerinci SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme” 2 (1): 26–36.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, cv.
Zainuddin, M. Riza, and Siti Nurhidayatul Hasanah. 2022. “Konsep Dasar Lembaga Dalam Lembanga Pendidikan Islam.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 38–50.
Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.
Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.
AF, M Alwi, Khoirunnisa Nurfadilah, and Cecep Hilman. 2022. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2 (2): 90–95.
Darlis, Ahmad. 2017. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24 (1): 86.
Kaimuddin, Kaimuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11 (1): 132–52.
Kusmiran, Kusmiran, Ilyas Husti, and Nurhadi Nurhadi. 2022. “Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Dalam Desain Hadits Tarbawi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 485–92.
Mustamiin, M. Zainal. 2023. “PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar” 1 (2): 55–64.
Salamah. 2020. “SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme INDUSTRI 4 . 0 ( STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 KERINCI JAMBI ) Salamah STIE Sakti Alam Kerinci SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme” 2 (1): 26–36.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, cv.
Zainuddin, M. Riza, and Siti Nurhidayatul Hasanah. 2022. “Konsep Dasar Lembaga Dalam Lembanga Pendidikan Islam.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 38–50.
Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.
Kaimuddin, Kaimuddin. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11, no. 1 (2018): 132–52.
Fiqria, Zulfa, and Zaenal Arifin. “Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES).” Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Dan Sosiokultural 2, no. 1 (2019): 104–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















