PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dhea Putri Khoiru Nisa PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulviana PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Game Based Learning, media wordwall, media pembelajaran, pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumen selama implementasi metode dan media pembelajaran. Media wordwall digunakan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 94,75 jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 69,5 selama pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan media Wordwall. Penilaian peserta didik terhadap penggunaan metode Game Based Learning (GBL) berbantuan media Wordwall menunjukkan respon positif siswa antusiasme tinggi, serta ketertarikan terhadap materi yang disampaikan, dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa menggunakan metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan media Wordwall menciptakan pembelajaran IPAS yang menarik, interaktif, dan menyenangkan bagi peserta didik sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evelyn Olyvia Putri, Desi Eka Pratiwi, & Endang Sulistiya Wati. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Mata Pelajaran IPAS Kelas VI-A SDN Jajar Tunggal III/452 Surabaya. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 345–352. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4

.841

Fitrianti, L., & Mustika, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(5).

Hartati, F. R., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (t.t.). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD: Literatur Review.

Hasanah, K. U., Makmun, M. N. Z.,

Aisyah, N., & Ma’arif, U. (t.t.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASIWORDWALLPADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Ichsani, A. Y., Adelia, A., Hardoko, A., & Korespodensi, E. P. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA WORDWALL DAN PARTISIPASI

PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN.

Puspitasari, C., Reffiane, F., Darminingsih, A., & Setyawati, R.

D. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) dengan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Mlatiharjo 02. NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1299–1307.

https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3

.3162

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81–95.

https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1. 8749

Triviana, F., Afandi, M., & Yustina, S. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERBANTUAN MEDIA FLIP BOOK DI KELAS V SDN BUMI ARUM.

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2020). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 2(1), 49–54.

Downloads

Published

2025-07-09

Most read articles by the same author(s)