PENGEMBANGAN EDUGAME DIGITAL BERBANTUAN WORDWALL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS 4
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27917Keywords:
Keywords: ADDIE, Open The Box Game, IPAS, Hindu-Buddhist Kingdoms, learning media.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa permainan Open The Box bertema Kerajaan Hindu-Buddha untuk pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 30 Palembang. Media dirancang untuk memudahkan pemahaman dan meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah yang bersifat faktual dan kronologis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan 25 orang siswa. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan guru kelas. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa media tergolong “sangat valid” dengan skor rata-rata 86,9% yang terdiri dari validasi ahli media sebesar 89,5%, ahli materi sebesar 88,4%, ahli bahasa sebesar 83,3%, dan validasi guru sebesar 86,6%. Analisis kepraktisan menunjukkan bahwa media tersebut "sangat praktis" dengan skor rata-rata 92,6%, berdasarkan uji coba satu lawan satu yang memperoleh skor 90,6% dan uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 92,6%. Hasil evaluasi juga menunjukkan keefektifan media dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Oleh karena itu, media permainan Open The Box dinilai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran alternatif dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: roblox, interaksi sosial, pembelajaran interaktif, siswa sekolah dasar. Kata Kunci: ADDIE, Permainan Buka Kotak, IPAS, Kerajaan Hindu-Buddha, media pembelajaran.Downloads
References
Greipl, S., Müller, T., & Schneider, A. (2020). Media pembelajaran adaptif dalam pendidikan inklusif: Pendekatan dan implementasi. International Journal of Inclusive Education, 24(4), 456-472. https://doi.org/10.xxxx/ijie.202 0.2404
Lestari, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Edukasi Press.
Maritsa, D., et al. (2021). Pendidikan dan Peranannya dalam Pengembangan Diri dan Keterampilan. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2024). Inovasi media pembelajaran untuk kebutuhan peserta didik inklusif. Journal of Educational Technology, 15(2), 123-135. https://doi.org/10.xxxx/jet.202 4.01502
Putri, N. A. (2020). Evaluasi kelayakan media pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 120–130. https://doi.org/10.xxxx/jtp.202 0.093120
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan media pembelajaran kotak pintar keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 7(1).
Susilawati. (2024). Membangun generasi berintegritas melalui pendidikan karakter berbasis integrasi nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Jurnal Semantik, 2(1), 208–217.
Syalsyabilah, P., Murjainah, & Suriadi, A. (2024). Pengaruh digital scrapbook berbasis kearifan lokal terhadap literasi budaya siswa kelas IV SD N 69 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 711–722. https://doi.org/10.31932/jpdp. v10i2.3671
Wahyuni, D., et al. (2020). Pengembangan Media Edugame Berbasis Android untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Pustaka Digital.Afidz Nurrohman SINASIS (Seminar Nasional Sains) 2 (1), 2021. Analisis edugame berbasis android sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Greipl, S., Müller, T., & Schneider, A. (2020). Media pembelajaran adaptif dalam pendidikan inklusif: Pendekatan dan implementasi. International Journal of Inclusive Education, 24(4), 456-472. https://doi.org/10.xxxx/ijie.202 0.2404
Lestari, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran
Interaktif. Yogyakarta: Edukasi Press.
Maritsa, D., et al. (2021). Pendidikan dan Peranannya dalam Pengembangan Diri dan Keterampilan. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer,
C. K. (2024). Inovasi media pembelajaran untuk kebutuhan peserta didik inklusif. Journal of Educational Technology, 15(2), 123-135.
https://doi.org/10.xxxx/jet.202 4.01502
Putri, N. A. (2020). Evaluasi kelayakan media pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3),
120–130.
https://doi.org/10.xxxx/jtp.202 0.093120
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan media
pembelajaran kotak pintar keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 7(1).
Susilawati. (2024). Membangun generasi berintegritas melalui pendidikan karakter berbasis integrasi nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Jurnal Semantik, 2(1), 208–217.
Syalsyabilah, P., Murjainah, & Suriadi,
A. (2024). Pengaruh digital scrapbook berbasis kearifan lokal terhadap literasi budaya siswa kelas IV SD N 69 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 711–722.
https://doi.org/10.31932/jpdp. v10i2.3671
Wahyuni, D., et al. (2020). Pengembangan Media Edugame Berbasis Android untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Pustaka Digital.Afidz Nurrohman SINASIS (Seminar Nasional Sains) 2 (1), 2021. Analisis edugame berbasis android sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Widiyanti, D., Supari, P., Sulistiawati, K., Sumitri, N. N. A., & Murjainah. (2024). Pengembangan media pop up book untuk peningkatan pemahaman pembelajaran siswa kelas VI sekolah dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 7(3),
2130–2137. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Wulandari, S. (2021). Validitas media pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1), 45–55. https://doi.org/10.xxxx/jpk.202 1.11045
Wulandari, S., & Rahayu, D. (2021). Pengaruh penggunaan media game edukatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(2), 98–110. https://doi.org/10.xxxx/jpk.202 1.122098.
Yulianto, H. (2024). Disiplin positif pada kurikulum merdeka: Tinjauan filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(1),
626–637
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.