MEDIA E-KOMIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS 5A DI SD INPRES BTN IKIP I
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27896Keywords:
e-comic, learning motivation, learning outcomes, civic education, digital learning mediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-komik terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas 5A di SD Inpres BTN IKIP I. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel berjumlah 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar berdasarkan teori McClelland dan tes hasil belajar berbasis Taksonomi Bloom. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, paired sample t-test, dan korelasi Pearson dengan bantuan SPSS 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media e-komik secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dan berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar mereka. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 42,92 menjadi 81,85 dengan nilai N-Gain sebesar 0,66 (kategori sedang-tinggi). Korelasi positif sangat kuat ditemukan antara motivasi belajar dan hasil belajar (r = 0,892). Temuan ini menunjukkan bahwa media e-komik merupakan media pembelajaran digital yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.Downloads
References
Aeni. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan.
Akhyar, Syahid Musthofa & Dinnie Anggraeni Dewi, 2022. Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi, Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281-290.
Azhar arsyad, media pembelajaran (Jakarta: PT. Rajagrafindo persada, 2009).
Cecep kustandi & darmawan daddy, pengembangan media pembelajaran (jakarta: kencana divisi prenadamedia group, 2020). hal 16-17
Eni fariyatul fahyuni. (2024). Pengaruh penggunaan media komunikasi visual terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal pendidikan dasar, 10(3), 78-85.
Iskandar Rossi, Rachmadtullah Reza.2017. Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing Di Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1
Halimah, N., & Sari, D. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 15-25.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Hopeman, a., mustikawati, d., & mariyani, r. (2024). Analisis penggunaan media kahoot dalam pembelajaran ipas di sekolah dasar. Journal of education research, 5(4), 4429-4435.
Hujair ah sanaky. (2024). Media pembelajaran interaktif-inovatif di era digital. Jurnal teknologi pendidikan, 9(1), 90-102.
Hujair, r., & mustari, m. (2024). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa di sma negeri 06 bombana. Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan alam, 5(1), 150-160.
Jamalludin. (2024). Manfaat media komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal pendidikan, 12(1), 45-60.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 111–117.
Pratama, S., Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2024). Pengembangan E-Comic Bahasa Inggris Berbasis Model Pembelajaran Savi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 169-182.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books. Hal 201.
P. Siagian Sondang, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” Jakarta: Bumi Aksara, 2008, Hal. 169.
Putri, S. K., Ati, A. F. S. M. Z., & Zativalen, O. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan pemahaman materi IPA kelas V sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1042–1049.
Rahmawati, r. (2023). Jenis-jenis media pembelajaran di era digital. Jurnal pendidikan dasar.
Ranting, N.W., Tegeh, I.M., & Citra Wibawa, I.M. (2022). Media Komik Digital pada Topik Sumber Energi. Jurnal Edutech Undiksha.
Rasmita kalasi. (2024). Pengaruh media sosial bagi proses belajar siswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 8(1), 34-47.
Rizal, A., & Purwaningrum, D. (2023). Media Pembelajaran E-comic Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Anargya.
Sari, I. N. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Labuhan Ratu 6 Lampung Timur. Skripsi, FKIP Universitas Lampung.
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sukmawati, R. (2024). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(3), 45-55.
Uno, H. B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Ulfah, I., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1-9.
Widiastuti, R., & Rahmawati, N. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-58.
Widyasari, y. T. (2024). Meta-analisis efektivitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika di indonesia. Jurnal pendidikan indonesia, 10(2), 123-135.
Winarno,2019. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah untuk Mahasiswa di Perguruan Tingg.Bumi Aksara
Yusri, & Husaini. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Kimia Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.