PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27872Keywords:
Children's Learning In Science, Pop-Up Book, Environmental Care Attitude, Learning Outcomes, Science LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran anak dalam sains menggunakan media pop-up book terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen dan melalui desain penelitian true eksperimen berbentuk pretest posttest control-group design . Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV UPTD SDN 1 Srengseng tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pemilihan secara acak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Berdasarkan analisis data uji-t independen pada hasil belajar (3,979) dan sikap peduli lingkungan sebesar (7,266) thitung lebih dari nilai ttabel (1,676) menunjukkan nilai sig sebesar 0,00. Nilai signifikansi kurang dari (0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran anak pada mata pelajaran IPA menggunakan media pop-up book tehadap hasil belajar dan sikap peduli siswa. Hasil analisis perhitungan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata sebesar 57,80 berkategori sedang dan kelas kontrol rata-rata sebesar 48,11 berkategori sedang. Maka, terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Kata Kunci: Model Pembelajaran Anak Dalam Sains , Media Pop-Up Book , Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar, Pembelajaran IPADownloads
References
ezkita, S., & Wardani, K. (2018).
Pengintegrasikan Pendidikan
Lingkungan Hidup Membentuk
Karakter Peduli Lingkungan di
Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal
Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–
331.
https://doi.org/10.30738/trihayu.v
4i2.2237
Rizatul, A., Fitriani, S., & Fitri, A.
(2024). Pengaruh Model
Pembelajaran Children’s
Learning In Science (CLIS)
Terhadap Hasil Belajar Siswa
pada Materi perubahan Wujud
Benda Siswa Negeri Dayah
Tanoh. Jurnal Pesona Dasar,
1(12), 15–28.
https://doi.org/10.24815/pear.v12
i1.37789
Simbolon, M., Rosyana, D., &
Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh
Penerapan Media Pembelajaran
Pop-Up Book Terhadap Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1),
35–45.
https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.
1810
Stanza, S. M., & Sholehuddin. (2023).
Media Pop-Up Book Materi Siklus
Hidup Hewan dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Pedagogik Pendidikan Dasar,
10(1), 66–70.
https://ejournal.upi.edu/index.php
/jppd/article/download/55761/pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi
R&D dan Penelitian Tindakan.
Alfabeta.
Surya, I. G., & Dantes, N. (2019).
Pengaruh Model CLIS terhadap
Hasil Belajar IPA Kelas V SD di
Gugus X Kecamatan Kintamani.
Jurnal Pedagogi Dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.