PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rena Ashari Universitas Darul Ma’arif Indramayu
  • Ririn Andriani Kumala Dewi Universitas Darul Ma’arif Indramayu
  • Liyana Sunanto Universitas Darul Ma’arif Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27872

Keywords:

Children's Learning In Science, Pop-Up Book, Environmental Care Attitude, Learning Outcomes, Science Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran anak dalam sains menggunakan media pop-up book terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen dan melalui desain penelitian true eksperimen berbentuk pretest posttest control-group design . Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV UPTD SDN 1 Srengseng tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pemilihan secara acak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Berdasarkan analisis data uji-t independen pada hasil belajar (3,979) dan sikap peduli lingkungan sebesar (7,266) thitung lebih dari nilai ttabel (1,676) menunjukkan nilai sig sebesar 0,00. Nilai signifikansi kurang dari (0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran anak pada mata pelajaran IPA menggunakan media pop-up book tehadap hasil belajar dan sikap peduli siswa. Hasil analisis perhitungan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata sebesar 57,80 berkategori sedang dan kelas kontrol rata-rata sebesar 48,11 berkategori sedang. Maka, terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Anak Dalam Sains , Media Pop-Up Book , Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

ezkita, S., & Wardani, K. (2018).

Pengintegrasikan Pendidikan

Lingkungan Hidup Membentuk

Karakter Peduli Lingkungan di

Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal

Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–

331.

https://doi.org/10.30738/trihayu.v

4i2.2237

Rizatul, A., Fitriani, S., & Fitri, A.

(2024). Pengaruh Model

Pembelajaran Children’s

Learning In Science (CLIS)

Terhadap Hasil Belajar Siswa

pada Materi perubahan Wujud

Benda Siswa Negeri Dayah

Tanoh. Jurnal Pesona Dasar,

1(12), 15–28.

https://doi.org/10.24815/pear.v12

i1.37789

Simbolon, M., Rosyana, D., &

Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh

Penerapan Media Pembelajaran

Pop-Up Book Terhadap Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1),

35–45.

https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.

1810

Stanza, S. M., & Sholehuddin. (2023).

Media Pop-Up Book Materi Siklus

Hidup Hewan dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Pedagogik Pendidikan Dasar,

10(1), 66–70.

https://ejournal.upi.edu/index.php

/jppd/article/download/55761/pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi

R&D dan Penelitian Tindakan.

Alfabeta.

Surya, I. G., & Dantes, N. (2019).

Pengaruh Model CLIS terhadap

Hasil Belajar IPA Kelas V SD di

Gugus X Kecamatan Kintamani.

Jurnal Pedagogi Dan

Downloads

Published

2025-06-16