PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA KELAS II UPTD SDN TLGAH 02 GALIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27865Keywords:
Model Pembelajaran TAI, Pemahaman Matematika, Pembelajaran KooperatifAbstract
Sejak diterapkannya Kurikulum Merdeka, pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari ketidaksesuaian nilai siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 75. Berdasarkan hasil observasi dan nilai tes, hanya sebagian kecil siswa yang berhasil mencapai KKM, sementara sebagian besar lainnya berada di bawah standar. Di UPTD SDN Tlagah 02 Galis, pelajaran matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang paling sulit dipahami oleh siswa kelas II, khususnya pada materi perkalian. Melalui hasil wawancara dan pengamatan peneliti, ditemukan bahwa siswa lebih memahami pelajaran ketika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model yang efektif digunakan adalah Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe TAI terhadap pemahaman matematika siswa kelas II di UPTD SDN Tlagah 02 Galis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 21.0 melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji paired sample t-test. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model TAI terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika.Downloads
References
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Absis, 5(1), 568–582.
Amelia Sidik. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa MTs (Skripsi). Universitas Terbuka Jakarta.
Barella Yusawinur, F., Marjuni Andi, & Achruh Andi. (2024). Eksplorasi Definisi Filsafat Pendidikan Menurut Para Ahli: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 4042–4047.
Hadi Kusuma Ningrat. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MAN 1 Mataram (Skripsi). Universitas Mataram.
Ijirana, R., dkk. (2024). Efektivitas Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Inpres 1 Tatura. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika.
Maryana, S. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Macam-Macam Sujud Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Panga. Serambi Konstruktivis, 4(4), 130–142.
Nurissa, D. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Terhadap Hasil Belajar Matematika. E-Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(5), 336–344.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vita Nurkhadijah Liani. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IV SD (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.