PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 PALEDANG

Authors

  • Anniswah Fitria Ananda Universitas Nusa Putra
  • Agista Rahayu Universitas Nusa Putra
  • Syahla Nur'aulia Muslihat Universitas Nusa Putra
  • Moch Anwar Fawzi Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopeman Universitas Nusa Putra

Keywords:

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, minat belajar, hasil belajar, IPAS, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 1 Paledang. Model pembelajaran Learning Cycle 5E terdiri dari lima tahap, yaitu Engage, Explore, Explain, Elaborate, dan Evaluate, yang dirancang untuk mendorong partisipasi aktif dan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing melibatkan tahapan refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi akhir. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas IV, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 39% pada siklus I menjadi 56% pada siklus III. Dengan demikian, penerapan model Learning Cycle 5E terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245

(PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017), n.d.)

Sukmawati, S., Verawati, N. N. S. P., & Makhrus, Muh. (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Empiricism Journal, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36312/ej.v5i1.1531

290.+Tiyah+Putri+Praandini,+Rasilah,+Dede+Hadiansah. (n.d.).

Downloads

Published

2025-07-09