PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI MAHASISWA UIN MALANG

Authors

  • lailatul-norma-safitri sasa Universitas Islam Negeri Malang
  • Raihan Noer Muhammad Alfath Universitas Islam Negeri Malang
  • Muhammad Jamaludin Universitas Islam Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27833

Keywords:

self-regulated learning, academic procrastination, university students, journaling intervention, single subject research.

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan fenomena psikologis yang meluas di kalangan mahasiswa di seluruh dunia, dengan sekitar 70% mahasiswa menunjukkan kecenderungan menunda tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik self-regulated learning terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa UIN Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-BA yang melibatkan dua mahasiswa psikologi berinisial AN dan IAH. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan intervensi journaling selama tiga
minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek awalnya memiliki tingkat prokrastinasi yang tinggi. Setelah penerapan teknik journaling self-regulated learning, kedua subjek menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan regulasi belajar dan penurunan kecenderungan prokrastinasi. Subjek AN menunjukkan peningkatan dalam penetapan tujuan dan perencanaan meskipun mengalami masalah konsistensi karena sakit, sedangkan subjek IAH menunjukkan manajemen waktu yang lebih baik dan peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik journaling self-regulated learning efektif meningkatkan regulasi belajar mandiri dan mengurangi perilaku prokrastinasi mahasiswa.
Kata Kunci: self-regulated learning, prokrastinasi akademik, mahasiswa, intervensi
journaling, single subject research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. D. (2023). The Self-Regulated

Learning dan Prokrastinasi Akademik

Pada Siswa. Psikoedukasia, 1, 34–47.

Creswell, J. W. (2014). E-Book Research

Design: Qualitative, Quantitative, and

Mixed Methods Approaches (Fourth

Edition). Sage Publications, Inc.

//elibrary.stikesghsby.ac.id%2Findex.p

hp%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D250

Hardani, Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D.

(2020). Buku Metode Penelitian

Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.).

CV. Pustaka Ilmu Group.

https://www.researchgate.net/publicat

ion/340021548

Jatmika, D., Sudarji, S., & Argitha, D. (2013).

Gambaran self regulated learning pada

mahasiswa program studi psikologi

universitas “X.” Psibernetika, 6(2), 18–

28.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik

dikalangan mahasiswa program studi

bimbingan dan konseling. Counsellia:

Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1),

45.

https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i

1.1868

Redaksi, . (2015). Jurnal Teknologi

Pendidikan. Jurnal Teknologi

Pendidikan (JTP), 8(2), 148–157.

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Simanjuntak, E. (2016). Regulasi Belajar pada

Mahasiswa Psikologi. EXPERIENTIA :

Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 97–

109.

Downloads

Published

2025-07-11