PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI MAHASISWA UIN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27833Keywords:
self-regulated learning, academic procrastination, university students, journaling intervention, single subject research.Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan fenomena psikologis yang meluas di kalangan mahasiswa di seluruh dunia, dengan sekitar 70% mahasiswa menunjukkan kecenderungan menunda tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik self-regulated learning terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa UIN Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-BA yang melibatkan dua mahasiswa psikologi berinisial AN dan IAH. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan intervensi journaling selama tiga
minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek awalnya memiliki tingkat prokrastinasi yang tinggi. Setelah penerapan teknik journaling self-regulated learning, kedua subjek menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan regulasi belajar dan penurunan kecenderungan prokrastinasi. Subjek AN menunjukkan peningkatan dalam penetapan tujuan dan perencanaan meskipun mengalami masalah konsistensi karena sakit, sedangkan subjek IAH menunjukkan manajemen waktu yang lebih baik dan peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik journaling self-regulated learning efektif meningkatkan regulasi belajar mandiri dan mengurangi perilaku prokrastinasi mahasiswa.
Kata Kunci: self-regulated learning, prokrastinasi akademik, mahasiswa, intervensi
journaling, single subject research.
Downloads
References
Agustina, A. D. (2023). The Self-Regulated
Learning dan Prokrastinasi Akademik
Pada Siswa. Psikoedukasia, 1, 34–47.
Creswell, J. W. (2014). E-Book Research
Design: Qualitative, Quantitative, and
Mixed Methods Approaches (Fourth
Edition). Sage Publications, Inc.
//elibrary.stikesghsby.ac.id%2Findex.p
hp%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D250
Hardani, Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D.
(2020). Buku Metode Penelitian
Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.).
CV. Pustaka Ilmu Group.
https://www.researchgate.net/publicat
ion/340021548
Jatmika, D., Sudarji, S., & Argitha, D. (2013).
Gambaran self regulated learning pada
mahasiswa program studi psikologi
universitas “X.” Psibernetika, 6(2), 18–
28.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik
dikalangan mahasiswa program studi
bimbingan dan konseling. Counsellia:
Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1),
45.
https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i
1.1868
Redaksi, . (2015). Jurnal Teknologi
Pendidikan. Jurnal Teknologi
Pendidikan (JTP), 8(2), 148–157.
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Simanjuntak, E. (2016). Regulasi Belajar pada
Mahasiswa Psikologi. EXPERIENTIA :
Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 97–
109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















