PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III DI SD NEGERI 77 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.27819Keywords:
Media Manipulatif Kemampuan NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan numerasi siswa pada mata Pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas III SD N 77 Palembang sebanyak 46 Siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan takhnik sampling jenuh sehingga kelas IIIA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas control. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan media manipulatif dengan model quasi experimental design. Tekhnik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 26. Hasil perhitungan dan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol 66.67 dan untuk nilai eskperimen diperoleh 78.00. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test menunjukka nilai sig. sebesar 0,005 dengan nilai > 0,05 Sehingga 0,005 < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode manipulatif dengan pembelajaran yang konvensionalDownloads
References
Amelia, E., Attalina, S. N., & Widiyono, A. (2022). PengaruhModel Kooperatif Tipe StadBerbantuan Media ManipulatifTerhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 542-548.
Jayanti. (2023).Numerasi Pembelaj aran Matematika Sd Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media.
J Jayanti, Z Zulkardi, RII Putri, Y Hartono. (2023) INOMATIKA 5(2), 181199. Designing Numeracy Assisted E-Learning Using Palembang Tourism Context during the Covid-19 For Pre- Service Primary School Teachers Jurnal INOMATIKA Sinta 3. Link. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/405.DOI:https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.405
Jayanti dan Marhamah. Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake . Link: https://www.atlantispress.com/proceedings/suleic20/125950316 Volume Title: Proceedings of the 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Publication Date: 2 January 2021, ISBN: 978-94-6239-313-4,ISSN:23525398.DOI:10.2991/assehr.k.201230.166
Jumroh dan Jayanti. Development of Edmodo e-module Assisted Statistics Teaching Materials For Public Senior High School Students. vol 513 Online 2 Januari 2021 ISBN: 978-94-6239-313-4, ISSN: 2352-5398. Proceedings Of The 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020) Penerbit Atlantis Press DOI: http://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.170. Corresponding Author : Jayanti. email: jayanti2hr@gmail.com
Jayanti, 2021. The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang . Proseding Scopus AIP Q3 publish 27 OCTOBER 2021. AIP Conference Proceedings 2438, 020004 (2021). https://doi.org/10.1063/5.0071589,Link:https://pubs.aip.org/aip/acp/articleabstract/2438/1/020004/692356/The- numeration-with-lesson-studyassisted byE?redirectedFrom=fulltext.DOI:https://doi.org/10.1063/5.0071589
Jayanti, 2021. The implementation numeration learning using Covid-19 context assisted e-learning primary school teacher. Publish 29 DECEMBER 2022, AIP Conference Proceedings 2468, 070048 (2022)https://doi.org/10.1063/5.0103602.link:https://pubs.aip.org/aip/acp/articleabstract/2468/1/070048/2825456/Theimplementation-numeration-learning-usingCovid?redirectedFrom=fulltext. DOI:https://doi.org/10.1063/5.0103602
Jayanti. Designing PISA-Based Numeracy Problem on Shape and Space Using Palembang Tourism During Covid-19 Context. IP Conf. Proc. 3052, 020040 (2024) https://doi.org/10.1063/5.0201035. 22 April 2024. https://pubs.aip.org/aip/acp/articleabstract/3052/1/020040/3284435/Designing-PISA-based-numeracy-problem-on-shape-and?redirectedFrom=fulltextJayanti, J., Jumroh, J., & Ernawati, E. (2021). PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PMRI BERBANTUAN E-LEARNING DI MASA COVID-19 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Jayanti, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2022, Desember). Implementasi pembelajaran numerasi menggunakan e-learning konteks Covid-19 pada guru sekolah dasar. Dalam Prosiding Konferensi AIP (Vol. 2468, No. 1, hal. 070048). AIP Publishing LLC.
Laksana, D. L., & Lawe, Y. U. (2024). Pembelajaran Kaya Literasi dan Numerasi Pendampingan Guru SD dalam Mendesain Pembelajaran Inovatif. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 52-64.
Latifa, A. n. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF PUZZLE GAME. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1457-1466.
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). PeningkatanPemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based LearningBerbantuan MediaManipulatifUntuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan(JPP), 1-10.
Munifah, M., Jayanti, J., & Suryani, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Alat Hitung terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 92 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3396-3402.
Ndas, A. R., Jaun, A. R., & Wewe, M. (2024). Penerapan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Kelas V SDKWAERANA II. MANDALIKA EDUCATION(MADU), 383-391.
Pramudita, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (jipm), 1(2), 48-51.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.
RAFLI, A. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI PECAHAN SEDERHANA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP BUILDER UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Palembang).Soimah, W., & Fitriana, E$. (2020). Konse$p Mate$matika ditinjau$dari Pe$rspe$ktif Al-Qu$r’an. Prosiding Inte$grasi Inte$rkone$ksi Islam dan Sains, 131-135.
Rahmadhani, A. P., Aprilia, I., Santi, L. A., Yunita, N. W., Tanjung, S. M., & Mayangsari, Y. D. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(9), 3-3.
Rahmiyatun, A. (2019). Yogyakarta: 2019.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet.
Widarsa, K. T., Astuti, p. A., & Kurniasari, N. M. (2022). Metode Sampling Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. Bali: 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.