PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SDN INPRES BUNCU

Authors

  • Juliati STKIP Taman Siswa Bima
  • Rijal STKIP Taman Siswa Bima
  • Mirham STKIP Taman Siswa Bima

Keywords:

Membaca permulaan, Flash Card Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Flash Card Interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD. Penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan adalah media Flash Card Interaktif berbasis PowerPoint dengan elemen visual menarik dan fitur audio untuk mendukung pembelajaran membaca permulaan. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 86% dengan kategori "Sangat Layak", dan validasi ahli media menunjukkan 92% dengan kategori "Sangat Layak", mengindikasikan kesesuaian konten, desain, dan teknis media. Respons guru (92% "Sangat Praktis") dan peserta didik (93% "Sangat Praktis") menunjukkan kepraktisan media dalam pembelajaran. Uji coba produk menggunakan desain pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca permulaan siswa, dengan nilai N-gain sebesar 0,91. Berdasarkan kriteria N-gain, nilai ini termasuk dalam kategori "Tinggi", yang menunjukkan bahwa media Flash Card Interaktif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Inpres Buncu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2336–2344. Retrieved from https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Anggriyani, H., & Nurharini, A. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR TARI APUSE. Joyful Learning Journal, 10(4), 183–189. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Aroma, N., Bakar, A., Zaidy Mansor, K., Batmanathan, P., Rashed D A Fakulti, Z. N., Sains, K., … Kejururawatan, S. (2021). Tahap Motivasi Belajar dalam Kalangan Murid di Dua Buah Sekolah di Daerah Hilir Perak Level of Study Motivation among Students in Two Schools at Hilir Perak District. Evaluation Studies in Social Sciences, 2021–56. Retrieved from https://doi.org/10.37134/esss.vol2.sp.10.2021

Fathurrahman, A., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVTAS PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN TEAMWORK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).

Fatimah, S., Saptuti Susiani, T., & Rokhmaniyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri Ambalkebrek Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.

Haibar Rizky Allivia Larasati, Yuzarion, & Junaidi. (2021). Implikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. EMPATHY: Jurnal Fakultas Psikologi, 4, 45–59.

Hidayat, F. (2021). MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1. Retrieved 14 June 2025 from https:// Journal.uinsgn.ac.id/index.php/jipai

Inka Aprilia, U. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Iswardhani, A. K. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MEMBACA TERBIMBING THE IMPROVEMENT OF EARLY READING SKILL THROUGH GUIDED READING METHOD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan UNIGA. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832

Merling, O. :, Zega, W., Lahagu, W., Zai, N. S., Sri, P., Simanullang, M., & Bu’ulolo, Y. (2025). STRATEGI INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Jurnal Education and development, 13(1), 632–636. Retrieved from https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6679

Miranti, Sayidiman, & Rahma, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Kelas II di Kota Makassar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 4(4), 225–237. Retrieved from http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Nasarudin, & Maryadin. (2018). MANAJEMEN SARANA DAN PARASARANA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD. MANAJEMEN PENDIDIKAN, 13, 15–23.

Siregar, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Addie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada SMK PABA Binjai. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 68–87. Retrieved from https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3336

Suliyansyah. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. Retrieved from https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Weyana, A., & Khatimah, N. (2016). RUANG KELAS SEBAGAI SUATU SISTEM DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS SMA NEGERI 22 MAKASSAR). JURNAL SOSIALISASI, 3, 1–5.

Downloads

Published

2025-07-09