PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL DAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMPN 20 KOTA SERANG

Authors

  • Dini Widyasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliyah, Ade Anggraini Kartika Devi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27699

Keywords:

digital comics, serial images, writing skills, narrative

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out and describe the influence of digital comic media and serial image media on the narrative writing skills of class VII students of SMPN 20 Kota Serang. This study used a quantitative research method with a pure experimental research design (true-experimental) namely control group pretest-posttest. The data analysis technique of this study used the stages of descriptive analysis, analysis requirements testing, and hypothesis testing. The results of the study showed that there was an influence of digital comic media on the narrative writing skills of class VII students of SMPN 20 Kota Serang, there was an influence of serial image media on the narrative writing skills of class VII students of SMPN 20 Kota Serang, and there was a difference in influence between digital comic media and serial image media on the narrative writing skills of class VII students of SMPN 20 Kota Serang.

Keywords: digital comics, serial images, writing skills, narrative

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu serta mendeskripsikan bagaimana pengaruh media komik digital dan media gambar berseri pada keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMPN 20 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen murni (true-experimental) yakni control group pretest-posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahapan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media komik digital terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMPN 20 Kota Serang, terdapat pengaruh media gambar berseri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMPN 20 Kota Serang, serta terdapat perbedaan pengaruh antara media komik digital dan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMPN 20 Kota Serang.

 

 

Kata Kunci: komik digital, gambar berseri, keterampilan menulis, narasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ag. Bambang Setiyadi. (2018). Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (2nd ed.). Graha Ilmu.

Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686 Basicedu, 5(6), 5712–5721.

Arum Nastiti, R., Setyowati, E., Ardhyantama, V., Guru Sekolah Dasar, P., PGRI Pacitan, S., & Bahasa dan Sastra Indonesia, P. (2021). Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV SDN MENTORO. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan, 13, 2.

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.

Daniyati, A., Bulqis Saputri, I., Wijaya, R., Aqila Septiyani, S., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 1).

Dina Ramadhanti, & Diyan Permata Yanda. (2022). Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif (Werdiantoro, Ed.; 1st ed.). Deepublish Publisher.

Emzir. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (9th ed.). Rajawali Pers.

Erlita Mega. (2023). Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis: Motivasi Menulis (G. Irawan, Ed.; 1st ed.). Cahaya Harapan.

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Gorys Keraf. (2010). Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka.

Gusmayanti. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Menulis Teks Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kearifan Lokal Untuk Siswa SMKN 1 TEBO. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3, 39.

Gustap, R.S., Soedarto, H., Rasdawita. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling Untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 2, 14. 2013

Hafidhoh, N., & Rifa’i, M. R. (2021). Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum Di MI. Awwaliyah: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.673 Jurnal PGMI, 4, 12.

Hendri, M., Tahir, M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Komik Cerita Anak Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 1 Kediri Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8, 855–857.

Jamhar, R., Mboka, I., & Sidik. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Collaborative Writing. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 14).

Khalik, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 KOTA JAMBI (Vol. 6, Issue 2).

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi (Vol. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index 7, Issue 2).

Marzuki, I., Sholihah, T., & Atha Imansyah, F. (2023). Urgensi Aspek Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran. Tadarus Tarbawy, 5(1), 3–5.

Musfiroh, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sinduadi 1.

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 307. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah: Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), 05 No. 02, 1.

Nurgiyantoro. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE: Yogyakarta.

Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Adicita: Yogyakarta. Oktavia, R. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Komik Digital pada Siswa Tingkat SMA/MA.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV. WADE GROUP.

Ramadhani, A., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Sitanggang, M. R. (2022). Pengaruh Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2, 254. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i2.1870

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 16–17. http://www.education.vic.gov.au

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Siroj, R. A., Afgani, W., Fatimah, Septaria, D., Zahira, G., & Salsabila. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7 Nomor 3, 11280–11281.

Sugiharti, R. E., & Anggiani, R. A. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. In PEDAGOGIK: Vol. IX (Issue 2).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Y. Budi Artati. (2018). Kreatif Menulis (A. Suparyanta, Ed.). PT Intan Pariwara.

Yasa Nugroho. (2021, September 21). Teks Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh. Xerpihan. Id.

Yuliana, Siswandari, & Sudiyanto. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntasi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa SMK (Vol. 2, Issue 2).

Yuliyanti, W., Jamaludin, U., & Bahrudin, F. A. (2025). Pengaruh Model Circuit Learning Berbantuan Media Carrd. Co Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–58. https://jurnalp4i.com/index.php/learning.

Downloads

Published

2025-07-07