PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 JEJAWI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27671Keywords:
Android Application, Interactive Learning Media, Learning InterestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android guna untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jejawi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi keberagaman rumah adat di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Hasil menunjukkan bahwa media ini sangat layak dengan rata-rata validitas 90,85%, sangat praktis dengan rata- rata 91,11% oleh siswa, 89,33% oleh guru, dan sangat efektif dengan nilai N-Gain 0,77 dalam kategori tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan efektif meningkatkan minat belajar siswa dan sesuai dengan karakteristik generasi digital saat ini
Downloads
References
media, advanced use of digital
media, managing digital learning
platforms, and ethics and safety
in the use of digital media. Data
in Brief, 54.
https://doi.org/10.1016/j.dib.2024
.110397
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D.
(2020). Pengaruh Pembelajaran
Menggunakan Media
Pembelajaran Interaktif terhadap
Hasil Belajar siswa di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),
1104–1113.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v4i4.505
Kurniawati, I. D., Hapsari, E. D., &
Putri, A. W. S. (2020).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Android
pada Materi Bangun Ruang
untuk Menarik Minat Belajar
Siswa Kelas V SD. Jurnal
Pendidikan, 14(September),
723–731.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020).
Pengembangan Media
Pembelajaran Konsep & aplikasi
pengembangan media
pembelajaran bagi pendidik
disekolah dan masyarakat.
Kencana.
Lohr, A., Sailer, M., Stadler, M., &
Fischer, F. (2024). Digital
learning in schools: Which skills
do teachers need, and who
should bring their own devices?
Teaching and Teacher
Education, 152(July), 104788.
https://doi.org/10.1016/j.tate.202
4.104788
Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah.
(2020). Pengembangan Media
Video Pembelajaran Ipa Untuk
Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.
Journal of Instructional
Technology J-INSTECH, 1(1),
20–28.
Mubaraq, Z. (2024). Pengembangan
Media Pembelajaran Video
Animasi Pada Mata Pelajaran
Pemasangan Instalasi Listrik
(Doctoral dissertation, UIN Ar-
Raniry Banda Aceh).
Nihlah, F. R. U., Purnamasari, V., &
Suyitno, S. (2023).
Pengembangan Media Interaktif
Mipasandro (Media Ipas
Berbasis Android) Bagi Mata
Pelajaran Ipas Kelas Iv.
Indonesian Journal of
Elementary School, 3(2), 43–52.
https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.
17686
Oktaria, N., Mulyono, H., &
Kurniawan, H. (2023).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Android
Pada Mata Pelajaran Informatika
Guna Meningkatkan Minat
Belajar Siswa. 6(4), 796–806.
Putra, J. A., Tahri, M., Efran, M., &
Angga, P. D. (2024).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Prezi.
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan,
15(2), 205–221.
https://doi.org/10.32939/tarbawi.v
15i02.466
Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S.,
& Mujazi, R. M. (2022). Faktor-
faktor yang mempengaruhi minat
belajar siswa di kecamatan
larangan tangerang. 9.
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin,
M. (2020). Penerapan Model
Role Playing Untuk
Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Journal on
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















