PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 JEJAWI

Authors

  • Linda Linda Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy, Erfan Ramadhan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27671

Keywords:

Android Application, Interactive Learning Media, Learning Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android guna untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jejawi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi keberagaman rumah adat di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Hasil menunjukkan bahwa media ini sangat layak dengan rata-rata validitas 90,85%, sangat praktis dengan rata- rata 91,11% oleh siswa, 89,33% oleh guru, dan sangat efektif dengan nilai N-Gain 0,77 dalam kategori tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan efektif meningkatkan minat belajar siswa dan sesuai dengan karakteristik generasi digital saat ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

media, advanced use of digital

media, managing digital learning

platforms, and ethics and safety

in the use of digital media. Data

in Brief, 54.

https://doi.org/10.1016/j.dib.2024

.110397

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D.

(2020). Pengaruh Pembelajaran

Menggunakan Media

Pembelajaran Interaktif terhadap

Hasil Belajar siswa di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),

1104–1113.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v4i4.505

Kurniawati, I. D., Hapsari, E. D., &

Putri, A. W. S. (2020).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Android

pada Materi Bangun Ruang

untuk Menarik Minat Belajar

Siswa Kelas V SD. Jurnal

Pendidikan, 14(September),

723–731.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020).

Pengembangan Media

Pembelajaran Konsep & aplikasi

pengembangan media

pembelajaran bagi pendidik

disekolah dan masyarakat.

Kencana.

Lohr, A., Sailer, M., Stadler, M., &

Fischer, F. (2024). Digital

learning in schools: Which skills

do teachers need, and who

should bring their own devices?

Teaching and Teacher

Education, 152(July), 104788.

https://doi.org/10.1016/j.tate.202

4.104788

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah.

(2020). Pengembangan Media

Video Pembelajaran Ipa Untuk

Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.

Journal of Instructional

Technology J-INSTECH, 1(1),

20–28.

Mubaraq, Z. (2024). Pengembangan

Media Pembelajaran Video

Animasi Pada Mata Pelajaran

Pemasangan Instalasi Listrik

(Doctoral dissertation, UIN Ar-

Raniry Banda Aceh).

Nihlah, F. R. U., Purnamasari, V., &

Suyitno, S. (2023).

Pengembangan Media Interaktif

Mipasandro (Media Ipas

Berbasis Android) Bagi Mata

Pelajaran Ipas Kelas Iv.

Indonesian Journal of

Elementary School, 3(2), 43–52.

https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.

17686

Oktaria, N., Mulyono, H., &

Kurniawan, H. (2023).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Android

Pada Mata Pelajaran Informatika

Guna Meningkatkan Minat

Belajar Siswa. 6(4), 796–806.

Putra, J. A., Tahri, M., Efran, M., &

Angga, P. D. (2024).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Prezi.

Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan,

15(2), 205–221.

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v

15i02.466

Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S.,

& Mujazi, R. M. (2022). Faktor-

faktor yang mempengaruhi minat

belajar siswa di kecamatan

larangan tangerang. 9.

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin,

M. (2020). Penerapan Model

Role Playing Untuk

Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Sekolah Dasar. Journal on

Downloads

Published

2025-07-07