ANALISIS KRITIS TERHADAP REPRESENTASI GENDER DALAM FILM REMAJA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MEMIRSA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27651Keywords:
representasi gender, film remaja, literasi media, wacana kritisAbstract
Kemajuan teknologi serta tingginya konsumsi media audiovisual di kalangan remaja menuntut adanya penguatan literasi media, terutama dalam pembelajaran keterampilan memirsa di kelas Bahasa Indonesia. Sayangnya, representasi aspek gender yang sering muncul dalam film remaja masih sering luput dari perhatian. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana representasi gender dikontruksi dalam film remaja Indonesia, serta membuka kemungkinan pemanfaatannya sebagai media terbuka yang kontekstual bagi siswa SMP. Dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis wacana kritis ala Fairclough, penelitian ini mengkaji konten visual dan naratif dua film remaja populer. Hasil analisis menunjukkan kecenderungan stereotip maskulinitas dan feminitas, namun juga ditemukan peluang edukatif dalam membangun kesadaran kritis siswa terkait kesetaraan gender. Film remaja, dengan pendekatan pedagogis yang tepat, berpotensi menjadi alat pembelajaran reflektif yang hanya mengasah keterampilan analisis media, namun juga menanamkan nilai kesetaraan sosial dalam media literasi pendidikan di SMP.
Downloads
References
Andriyani, N. (2019). Membaca Perempuan dalam Film: Antropologi Visual dan Isu Gender. Yogyakarta: IRCiSoD.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.
Buckingham, D. (2003). Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. Polity Press.
Eriyanto. (2017). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Farida, U. (2018). Literasi Media dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Malang: Literasi Nusantara.
Gauntlett, D. (2008). Media, Gender and Identity: An Introduction (2nd ed.). Routledge.
Hapsari, D. A., & Adhimarta, R. A. (2021). Representasi Gender dalam Film Remaja Indonesia: Kajian pada Tokoh Perempuan dalam Film “Dilan 1990” dan “Dua Garis Biru”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 12–26. https://doi.org/10.24002/jik.v19i1.4567.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal GTK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sartini. (2020). Wacana dan Kekuasaan: Telaah Gender dalam Media Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Scharrer, E., & Warren, P. (2022). Stereotypes in youth media and cultivation effects. Media Psychology, 25(1), 45–65.
Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). SAGE Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















