PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS OUTDOOR MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MEDIA KONKRET PADA KEMAMPUAN SISWA KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27520Keywords:
Photosynthesis, Outdoor Study, Concrete MediaAbstract
Pembelajaran IPA pada kelas 4 terdapat materi fotosintesis. Materi ini diajarkan tujuannya untuk mengenalkan konsep dasar ilmu pengetahuan khususnya tumbuhan sebagai produsen pertama dalam rantai makanan, mengajarkan pentingnya peran tumbuhan dalam menyediakan oksigen dan makanan bagi makhluk hidup lain, membantu siswa memahami pentingnya tumbuhan dalam menjaga keseimbangan ekosistem, seperti penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida. Namun, tujuan itu tidak tercapai karena design yang digunakan guru monoton. Permasalahan tersebut dinilai dapat diselesaikan dengan penerapan pendekatan outdoor study. Tujuan pembelajaran outdoor dapat membuat siswa menjadi lebih terbiasa dengan lingkungannya dan dapat diberi contoh realistis dari lingkungan sekitarnya yang terhubung dengan konten yang sedang dipelajari. Penelitian ini dilakukan dengan media konkret yang melakukan penyebaran angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran konvensional materi fotosintesis tanpa media konkret berdampak pada kemampuan siswa kelas 4 SD, seperti yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest siswa sebesar 66,86 < 7,50 (KKM) Hipotesis Nol (Ho) diterima dan Hipotesis Kerja (Ha) ditolak. Pembelajaran berbasis outdoor materi fotosintesis dengan media konkret berpengaruh pada kemampuan siswa kelas 4 SD. Nilai rata-rata posttest sebesar 79,69 > 7,50 (KKM) Ho ditolak sedangkan Ha diterima.Downloads
References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Diliana, A., Hadi Saputra, H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php
Mahmudi, Z. N. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi.
Nora Elysabeth Br. Manurung, Pasaribu, E. H., & Simarmata, R. K. (2023). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN 095130 Senio Bangun. JPNM Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.59945/jpnm.v1i3.39
Qulub, M. (2021). PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO.09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KANUPATEN JENEPONTO. 09, 1–13.
Ramadhana, R., & Nicky, M. F. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace. Prospek, 1(1), 157–166. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1741
Setyaningsih, R. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Efektivitas Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Pemimpin Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Kecamatan Salaman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.