PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG
Keywords:
Problem Based Learning, interactive media Genially, learning outcomes.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif Genially terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas VA SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji regresi sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model PBL berbantuan media Genially terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 67,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media interaktif Genially berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas VA SDN Oesapa Kecil 2 Kota KupangDownloads
References
Elitasari, S. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Enstein, A., Rachman, R., & Gunawan, S. (2022). Media Genially sebagai inovasi pembelajaran interaktif di era digital. Jakarta: CV Mitra Cendekia Press.
Fatma, N., & Ichsan, I. (2022). Penerapan media pembelajaran berbasis Genially untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 12–20.
Kasmadi, R., & Sunariah, T. (2016). Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardiana, & Waridah. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(2), 100–108.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utomo, M., & Hardini, A. T. (2023). Model problem based learning untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 45–53.
Zulfa Tiara, N., & Tursinawati. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 34–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.