HUBUNGAN PENERAPAN ATURAN KELAS DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS TINGGI SDN GUGUS IV KECAMATAN SANDUBAYA

Authors

  • Fitri Dwi Lestari Universitas Mataram
  • Darmiany Universitas Mataram
  • Ilham Handika Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27499

Keywords:

class rules, discipline character, elementary school students

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter disiplin pada siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara penerapan aturan kelas dengan pembentukan karakter disiplin siswa kelas tinggi SDN Gugus IV Kecamatan Sandubaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 147 siswa yang tersebar di SDN 12 Cakranegara, SDN 40 Cakranegara, dan SDN 42 Cakranegara. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan rumus slovin dengan presisi 10%, yakni 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen utama berupa angket tertutup dan observasi terstruktur serta wawancara sebagai instrumen pendukung hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penerapan aturan kelas dengan pembentukan karakter disiplin siswa kelas tinggi SDN gugus IV kecamatan sandubaya. Hasil uji hipotesis, diketahui bahwa nilai koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,628 dan rtabel untuk N=60 dan taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,254, 0,628 > 0,254, kemudian jika dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0,000, 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dilihat dari nilai rhitung atau pearson correlation sebesar 0,628 dimana tingkat hubungan antara variabel aturan kelas dan variabel karakter disiplin termasuk dalam kategorisasi tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik aturan kelas diterapkan, maka semakin baik pula karakter disiplin siswa yang terbentuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1516-1524.

Adhi Kusumastuti, Ahmad Mustami Khoiron, Taofan Ali Achmadi. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gultom, L., & Siahaan, M. F. (2016). Penerapan reward dan konsekuensi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas II SD sekolah Kristen ABC. Jurnal Polyglot, 12 (2), 101-116.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242-252.

Latjubah, F. (2020). Menumbuhkan sikap disiplin melalui peraturan kelas secara tertulis pada siswa sekolah dasar (Studi Literatur). Doctoral dissertation: Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017. Tentang penguatan pendidikan karakter. Bab 1 Pasal 2

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2 (1), 15.

Puspita, O. N., Shalahuddin, A. H., & Setyaningrum, R. F. (2024). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1547-1553.

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520-526.

Setyanta, S. (2013). Pengaruh penerapan peraturan kelas secara tertulis terhadap kedisiplinan siswa kelas ii sd muhammadiyah tegalrejo yogyakarta. Hanata Widya, 2(6).

Siahaan, N. A. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127-133.

Wardhani, M. W. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa SDN Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Journal: Basic Education, 7(19), 1-877.

Yandri, A. (2022). Pendidikan Karakter: Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik Yang Berkualitas. Retrieved from Direktorat Guru Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2025-01-06