Analisis Keterampilan Menulis Karangan Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 231 Palembang

Authors

  • Ari Okta Andira Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27444

Keywords:

descriptive composition, writing skills, elementary school

Abstract

Penelitian analisis ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan teks deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 231 Palembang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa lembar kerja siswa (LKS). Rata-rata nilai keterampilan siswa menulis karangan deskripsi yaitu 62 dengan kualifikasi cukup. Adapun persentase kesesuai judul dengan tema/judul karangan adalah 70,5%, persentase kerapihan tulisan dan ketepatan diksi adalah 63,4%, persentase struktur penulisan karangan adalah 62,7%, persentase kesesuai isi dengan paragraf adalah 60,9%, persentase ketepatan dalam penggunaan ejaan adalah 52,5%. Secara keseluruhan, 11% siswa berada dalam kategori baik, 61% siswa berada dalam kategori cukup, dan 29% siswa berada pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang perlu diperbaiki dalam teterampilan menulis deskripsi. Hambatan yang banyak dialami siswa yakni kurangnya kemampuan dalam menuangkan ide yang dimilikinya dalam bentuk kalimat/kata, kesulitan dalam menempatkan tanda baca dan huruf kapital dengan benar. Hal tersebut disebabkan kurangnya minat siswa dalam belajar membaca dan menulis, faktor yang memengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menulis karangan teks deskripsi yakni minat belajar, standar pelajaran faktor dari pendidik dalam menggunakan metode, dan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal. PAUD. Diakses dari https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/pernik/article/download/4839/4644/10608

Anari, P. I., 2023. Implementasi Model Kolaboratif Project Work Melalui Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Armariena, D N, dkk. 2019. Penulisan Karangan Argumentasi Dengan Strategi Heringbone Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Wahana Didaktika.

Asyifa Nazla, dkk. 2024. Keterempilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya. Diakses pada 26 November 2024 dari https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Semantik/article/view/851/982

Datu, dkk. 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV-Adi SDN 8 Menteng Palangka Raya. Jurnal Mateandrau. Diakses dari https://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/219

Ekasari, D. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Bahasa dan Sastra. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/289713897.pdf

Inggriyani Febi, Pebrianti Anisa. 2021. Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP Subang. Diakses pada 17 Oktober 2024 diperoleh dari https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/175/142

Khaulani, dkk. 2020. Fasedan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Diakses dari https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/download/7372/3616

Lismi, Abdussamad, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. Jurnal Untan. Diakses pada 25 November 2024 dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/39721/75676585398

Muliastrini, N. K. E. 2020. New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Abad 21. Diakses dari https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/download/3114/1658

Putri, Salsabilah E, Surmilasari, N, Fakhrudin, A. 2023. Analisis Kesuitan dalam Pembelajaran Matematika pada Pecahan di Kelas III SDN 195 Palembang. Jurnal on Education. 5( 4) 12937- 12947.

Tadulako. 2020. Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. Diakses dari https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12717/9825

Wardoyo, S. Armariena, D. N, Prasrihamni, M. 2022. Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas III di Sekolah Dasar. IRJE: Jurnal Ilmu Pendididkan. 2(2) 918-925.

Warlina, R. R. dkk. Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskripsi Berbasis Media Video diSekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Diakses dari https://vm36.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/download/39240/16383

Wiranto, D. 2021. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung. Diakses dari http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/110

Downloads

Published

2025-01-06